Madura United vs Persebaya: Uji Fisik dan Mental

Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya memulai babak penyisihan Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018 dengan menghadapi Madura United, Sabtu (24/2) di Stadion Batakan, Balikpapan. Pertemuan antara Persebaya dengan Madura United merupakan pertemuan kedua di ajang turnamen pramusim. Sebelumnya, Bajol Ijo sudah pernah bertemu dengan Laskar Sapeh Kerrap pada fase grup Piala Presiden 2018. Ketika itu, Persebaya berhasil menumbangkan Madura United lewat gol tunggal Ferinando Pahabol.

Kembali bertemu dengan lawan yang sama, Madura United mengusung misi membalas kekalahan pada gelaran Piala Presiden lalu. Madura sendiri memboyong skuat terbaik untuk ajang Piala Gubernur Kaltim edisi ketiga ini, hanya minus Satria Tama, Rifad Marasabessy dan Irsan Lestaluhu. Ketiganya absen karena harus mengikuti pemusatan latihan timnas di Jakarta.

Namun absennya tiga punggawa muda Sapeh Kerrab sepertinya tidak akan mengurangi kekuatan tim asuhan Gomes de Oliviera tersebut. Pasalnya, Madura United mendapatkan suntikan tenaga baru lewat dua pemain asing anyar, Sasa Kolunija dan Lamjed Chehoudi. Meski statusnya masih trial, namun Kolunija dan Lamjed ikut di bawa ke Kalimantan.

Kekalahan atas Persebaya pada Piala Presiden 2018 di Gelora Bung Tomo lalu tentunya sudah memberikan pelajaran berharga bagi Gomes de Oliviera. Mereka harus tampil lebih tajam menghadapi Bajol Ijo. Greg Nwokolo dan Bayu Gatra tetap akan menjadi motor serangan Madura United. Sebagai ujung tombak, Cristian Gonzales yang tetap tajam akan menjadi andalan tim asal Pulau Garam itu untuk mendulang gol. Nama Greg Nwokolo tentu menjadi ancaman tersendiri bagi Persebaya. Pemain kelahiran Nigeria itu pastinya penasaran karena Persebaya merupakan satu-satunya tim yang gawangnya gagal ia jebol pada gelaran Piala Presiden lalu.

Iklan
BACA:  Penentuan Juara Grup B, Lima Pertandingan Terakhir Persebaya dan Sriwijaya FC

Dari kubu Persebaya, Alfredo Vera selaku juru taktik Bajol Ijo ingin memaksimalkan setiap laga di PGK 2018 sebagai persiapan akhir menuju Liga 1. Oleh sebab itu, pelatih berkebangsaan Argentina itu pun tak membebani Rendi Irwan dan kawan-kawan dengan target tinggi.

Pada pramusim kali ini, Persebaya memang tampil cukup menjanjikan. Jika tak menghitung kekalahan dari PSMS Medan melalui adu penalti di partai perempat final Piala Presiden lalu, Bajol Ijo belum pernah tersentuh kekalahan di waktu normal. Terakhir, Persebaya menang atas PSS Sleman dalam pertandingan uji coba yang digelar pekan lalu.

Apalagi, jelang lawatannya ke Pulau Kalimantan, Persebaya kedatangan amunisi baru dalam sosok Pedro Henrique. Penyerang Brasil berpaspor Timor Leste itu sudah sepekan mengikuti latihan di Surabaya. Ketajaman Pedro pun akan dilihat pada gelaran PGK kali ini. Tembok pertahanan Madura United menjadi ujian pertama bagi Pedro.

Selain memonitor performa Pedro Henrique, laga kontra Madura United juga bisa digunakan untukk menguji mental dan fisik punggawa-punggawa Persebaya. Ketika menghadapi PSS Sleman akhir pekan lalu, Alfredo Vera menurunkan banyak pemain pelapis. Hasilnya, nama-nama seperti Mokhammad Syaifuddin, Irvan Febrianto, Sidik Saimima hingga Arthur Irawan menunjukkan penampilan yang cukup baik.

Pada pertemuan pertama lalu, duel Madura United menghadapi Persebaya berjalan menarik. Kali ini, pasukan Gomes de Oliviera tentu ingin membayar rasa penasaran dengan mengalahkan anak asuh Alfredo Vera. Di lain pihak, Alfredo Vera ingin melanjutkan superioritasnya atas Gomes de Oliviera dalam laga bertajuk Derby Suramadu Jilid 2 ini. Bermain di tempat netral, peluang keduanya untuk merebut tiga poin di laga pembuka Grup B Piala Gubernur 2018 terbuka lebar.

BACA:  Perkiraan Pemain Persebaya vs Madura United

Ferinando Pahabol dan Rishadi Fauzi tetap menjadi andalan Persebaya. Khusus bagi Rishadi, penyerang jangkung itu telah menemukan ketajamannya setelah mencetak dua gol ke gawang PSS. Patut dinanti juga aksi Pedro Henrique di lini depan Bajol Ijo. Berkaca pada kemenangan di Piala Presiden lalu, Persebaya bisa unggul atas Madura United karena mampu memenangi duel di lini tengah sehingga Bayu Gatra dan Engelberd Sani kehilangan pasokan bola. Tanpa Nelson Alom, tugas untuk memegang kendali di lini tengah ada pada Sidik Saimima, Misbakhus Solikin dan Rendi Irwan. Jika mampu tampil konsisten dan efektif, Persebaya berpeluang mengulangi hasil laga di Piala Presiden lalu. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Madura United vs Persebaya

Madura United (4-3-3): Herrry Prasetyo (PG); Beny Wahyudi, Fabiano Beltrame (C), Fachrudin Aryanto, Andik Rendika Rama (B); Asep Berlian, Nurudin Davronov, Slamet Nurcahyo (T); Bayu Gatra, Cristian Gonzales, Greg Nwokolo (D)
Pelatih: Gomes de Oliviera

Persebaya (4-2-3-1): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi (B); Sidik Saimima, Misbakus Solikin (T); Rendi Irwan (C), Oktavianus Fernando, Ferinando Pahabol (T); Rishadi Fauzi (D)
Pelatih: Alfredo Vera

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display