Persebaya vs Persiba: Menanti Kepiawaian Alfredo Rotasi Pemain

Foto: Etsha Magenta/EJ
Iklan

EJ – Persebaya sedang berada dalam tren positif jelang pertandingan kedua Grup B Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018 menghadapi Persiba Balikpapan, Senin (26/2) malam ini di Stadion Batakan. Keberhasilan Bajol Ijo menaklukkan Madura United pada pertandingan sebelumnya menjadi modal berharga bagi Rendi Irwan dan kawan-kawan untuk meladeni Persiba, yang baru saja kalah dari Sriwijaya FC.

Meski harus susah payah meraih dua poin pada pertandingan pertama, namun Persebaya menunjukkan determinasi tinggi ketika harus menahan serangan Madura United (MU) dengan sepuluh pemain di sisa laga. Kemenangan melalui adu penalti atas MU pun menaikkan moral skuat Green Force yang akan menjamu tim Beruang Madu di pertandingan kedua malam nanti.

Menjamu Persiba, Persebaya memiliki peluang besar untuk meraih poin penuh karena lawan yang mereka hadapi belum menemukan performa terbaiknya. Meski demikian, Alfredo Vera selaku pelatih Persebaya tetap mewaspadai tim asuhan Wanderley Machado tersebut.

“Semua tim akan berat, termasuk Persiba. Apalagi mereka bermain di kandang sendiri. Kami akan berusaha menunjukkan permainan terbaik,” ujar Alfredo sehari sebelum laga.

Iklan

Pada laga ini, menarik untuk dinanti kepiawaian Alfredo dalam melakukan rotasi pemain. Setelah menurunkan sejumlah pemain-pemain langganan starter pada laga kontra Madura, diprediksi pelatih asal Argentina tersebut akan melakukan rotasi pemain di beberapa posisi.

BACA:  Persebaya Pastikan Ikut Piala Gubernur Kaltim II

Arthur Irawan yang tampil cukup baik ketika diturunkan sebagai pemain pengganti di dua pertandingan sebelumnya berpeluang dimainkan sebagai starter untuk pertama kalinya. Pun demikian dengan Mochammad Irvan yang posisinya mulai tergusur oleh Ruben Sanadi. Irvan layak diberi menit bermain untuk menjaga konsistensi permainannya.

Di lini tengah, absennya Sidik Saimima akibat kartu merah bisa digantikan oleh Nelson Alom yang sudah kembali dari pemusatan latihan timnas. Sementara di lini depan, Pedro Henrique yang menunjukkan agresivitas pada pertandingan menghadapi Madura juga patut diberi kesempatan menjadi starter untuk menilai kualitas sesungguhnya.

Dari kubu lawan, Persiba ingin menjadikan laga kedua menghadapi Persebaya sebagai momentum kebangkitan. Seperti diketahui, pada pertandingan sebelumnya Bryan Cesar dan kolega harus takluk dari Sriwijaya FC dengan skor tipis 0-1. Bermain di Stadion Batakan yang notabene merupakan kandang Persiba, tentunya skuat Beruang Madu tak ingin dipermalukan di depan pendukungnya sendiri.

Meski belum menemukan bentuk permainan terbaiknya, namun Wanderley Machado menyebut anak asuhnya kini lebih memiliki kepercayaan diri. Apalagi, Persiba yang musim ini banyak dihuni pemain-pemain muda mampu tampil baik ketika menghadapi Sriwijaya yang dihuni bintang-bintang papan atas. Persiba pun hanya menelan kekalahan tipis dengan margin satu gol.

BACA:  Rendi Irwan: Kami Inginkan Hasil Terbaik di PGK 2018

“Saya akan pasang pemain yang lebih segar dan siap dimainkan kapan saja. Kami akan membuat pola sesuai dengan gaya main Persebaya. Saya ingin pemain bermain kombinasi sehingga menciptakan peluang mencetak gol,” tutur Wanderley seperti dilansir laman Bola.com.

Persiba memang tak membebani pemainnya dengan target tinggi pada gelaran PGK 2018. Tim yang musim lalu harus terdegrasi dari Liga 1 itu lebih berfokus pada persiapan tim menuju Liga 2 musim 2018. Sedangkan bagi Persebaya, kemenangan atas Persiba akan memastikan langkah ke babak semifinal. Apalagi, di pertandingan terakhir babak penyisihan grup nanti, Persebaya masih harus berhadapan dengan tim kuat Sriwijaya FC. Oleh sebab itu, laga kontra Persiba menjadi waktu yang tepat bagi Persebaya untuk mendulang tiga poin. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs Persiba

Persebaya (4-3-3): Alfonsius Kelvan (PG); Arthur Irawan, Otavio Dutra, Mokhammad Syaifuddin, Mochammad Irvan (B); Nelson Alom, Misbakus Solikin (C), Robertino Pugliara (T); Riky Kayame, Pedro Henrique, Fandi Eko Utomo (D)
Pelatih; Alfredo Vera

Persiba (4-3-3): Fajar Setya (PG); Kasim Slamat, Hery Susilo, Sigit Meiko, Fatchul Rachman (B); Yus Arfandy, Yosep Yopi, Bryan Cesar (T); Siswanto (C), Dimas Galih, Rossi Noprihanis (D)
Pelatih: Wanderley Machado

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display