Jadi Juara Grup, Persebaya Hadapi Arema FC di Semifinal

Foto: Eka Prasetya for EJ
Iklan

EJ – Persebaya akhirnya keluar sebagai juara grup B Piala Gubernur Kaltim 2018 setelah menumbangkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0. Dua gol Bajol Ijo diciptakan masing-masing di babak pertama dan kedua oleh Fandi Eko Utomo dan Osvaldo Haay.

Alfredo Vera menurunkan daftar pemain yang berbeda dari laga terakhir melawan Persiba Balikpapan. Osvaldo Haay langsung diturunkan sebagai starter menemani Oktafianus Fernando dan Riky Kayame di depan. Tak ada nama Misbakus Solikin dan Rendi Irwan di tengah. Di babak pertama, skuad Persebaya 100 persen diisi pemain lokal dengan 8 mantan klub internal Persebaya.

Persebaya memulai dengan baik. Tusukan penyerang-penyerang Persebaya mampu merepotkan pertahanan Sriwijaya. Riky Kayame mempunyai dua peluang emas melalui tendangan yang semuanya mampu ditepis kiper Sriwijaya, Muhamad Sandy.

BACA:  Lakon Menang Keri, Persebaya Tumbangkan Persiba dan Lolos Semifinal

Anak asuhan Alfredo Vera menguasai jalannya pertandingan. Sementara Sriwijaya yang didominasi pemain muda kesulitan menembus pertahanan Persebaya.

Iklan

Pertandingan babak pertama nampaknya akan berakhir imbang. Namun sebuah serangan Persebaya yang dibangun dari sisi kanan di masa injury time berbuah gol. Umpan Riky disambar dengan kaki kanan Fandi Eko Utomo. Gooll! Persebaya menutup babak pertama ini dengan skor 1-0.

Di babak kedua, Alfredo langsung menurunkan Nelson Alom dan Robertino Pugliara menggantikan Fandi EKo Utomo dan Abu Rizal.

Di awal babak, Sriwijaya langsung menekan. Laskar Wong Kito mampu mencetak satu gol lewat sebuah serangan. Namun, wasit menganggap pemain Sriwijaya sudah berdiri dalam posisi offside.

Meski unggul, Persebaya tak mengendorkan serangan. Peluang didapat dari kaki Oktafianus dan Sidik Saimima namun tendangannya masih belum mampu menembus gawang Sriwijaya.

BACA:  Ini Harga Tiket PGK 2018 di Stadion Batakan

Sebuah serangan dari Persebaya yang menembus jantung pertahanan Sriwijaya berbuah hasil. Osvaldo yang menerima umpan berhasil memanfaatkannya. Sebuah tendangan kaki kirinya di menit 62 tak mampu dijangkau kiper Sriwijaya. Skor berubah menjadi 2-0.

Persebaya masih mendominasi permainan sehingga membuat Sriwijaya kesulitan mengembangkan permainan. Malah beberapa kali peluang Persebaya mampu merepotkan barisan pertahanan.

Hingga babak kedua berakhir, Persebaya mampu mempertahankan keunggulan dan berhasil cleansheet. Skor 2-0 membuat Persebaya berhasil menjadi juara grup B. Dengan hasil ini, Persebaya akan menghadapi Arema FC sebagai runner up grup A. Laga rencananya akan digelar di Samarinda, Jumat (2/3) mendatang. (iwe)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display