Persebaya vs Arema FC: Tampil Tenang dan Raihlah Kemenangan

Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Laga sarat gengsi akan tersaji pada partai semifinal Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018 di Stadion Palaran, Samarinda, Jumat (2/2). Persebaya yang melaju ke partai semifinal PGK 2018 sebagai juara Grup B, akan menantang Arema FC yang merupakan runner up Grup A. Duel dua tim asal Jawa Timur ini akan memperebutkan satu tiket ke babak grand final PGK 2018.

Persebaya melenggang ke semifinal PGK 2018 dengan catatan impresif. Rendi Irwan dan kawan-kawan tak terkalahkan di fase penyisihan grup. Dua kemenangan di waktu normal serta satu kemenangan lewat adu penalti membuat Persebaya memuncaki klasemen akhir Grup B. Selain itu, catatan 6 gol yang dilesakkan Green Force pada babak penyisihan membuat Persebaya menjadi salah satu tim paling produktif pada turnamen ini.

Melangkah hingga babak semifinal PGK 2018, Persebaya tidak memiliki alasan untuk tidak tampil all out dalam laga sengit menghadapi Arema.

“Persebaya dan Arema sudah lama tidak bertemu. Tentu pertandingan akan seru. Kami sudah sampai sini (semifinal). Kami harus main bagus,” ujar Alfredo Vera sebelum pertandingan.

Iklan

Salah satu kunci keberhasilan Persebaya melaju ke partai semifinal adalah kecerdikan Alfredo Vera dalam meramu taktik dan melakukan rotasi pemain di setiap pertandingan. Kemenangan atas Persiba dan Sriwijaya FC menunjukkan bagaimana kepiawaian Alfredo dalam menerapkan strategi yang sesuai dengan pemain yang ia turunkan. Memainkan mayoritas pemain lapis kedua, Persebaya tetap mampu meraih hasil maksimal.

Menghadapi Arema FC dalam pertandingan penuh gengsi, Alfredo memiliki modal bagus karena skuat terbaiknya dalam kondisi siap tempur. Misbakus Solikin, Nelson Alom, Irfan Jaya dan Otavio Dutra yang disimpan ketika Persebaya menang atas Sriwijaya FC dipastikan fit untuk laga semifinal. Kabar baik lainnya, Osvaldo Haay mulai menunjukkan ketajamannya setelah mencetak satu gol ke gawang Sriwijaya.

BACA:  Rendi Irwan: Kami Inginkan Hasil Terbaik di PGK 2018

Sementara itu dari kubu lawan, Arema FC juga sedang mengusung tren positif jelang pertandingan menghadapi Persebaya. Gagal menang di dua laga awal PGK 2018, skuat asuhan Joko Susilo tersebut mampu keluar dari tekanan dengan kemenangan atas Mitra Kukar yang mengantarkan mereka ke babak semifinal. Bersua Persebaya, Arema FC pun berambisi untuk menampilkan permainan terbaik.

“Kami ingin bermain maksimal. Kalaupun ada beberapa pemain yang tidak bisa main, tapi masih ada stock pemain untuk pertandingan ini,” tandas kiper Singo Edan, Kurniawan Kartika Ajie.

Sempat mengalami kesulitan di dua laga awal PGK 2018, Joko Susilo mulai menemukan komposisi terbaik untuk Arema. Kehadiran Balsa Bozovic mampu menjadi jawaban kebutuhan Arema akan sosok playmaker. Bersama Ahmet Atayev, Bozovic menjadi motor permainan Singo Edan di sektor tengah. Bozovic pun sudah mengoleksi satu gol di PGK 2018.

Sama-sama menunjukkan performa menanjak pada pertandingan terakhir, duel Persebaya kontra Arema FC tentu akan menyuguhkan tontonan menarik. Dibalut oleh rivalitas tinggi Surabaya dan Malang semakin membuat laga ini terasa spesial.

Didukung oleh skuat utama yang siap diturunkan pada laga ini, Persebaya berpeluang melanjutkan rekor tak terkalahkan sekaligus merebut tiket partai puncak PGK 2018. Peluang Bajol Ijo untuk menaklukkan Singo Edan semakin terbuka karena pertahanan Arema FC memiliki rapor tidak terlalu baik di ajang PGK kali ini.

BACA:  Jika Cetak Gol, Robertino Tak Akan Selebrasi

Dari tiga laga yang sudah dilakoni Arema, mereka kebobolan lima gol. Duet Arthur Cunha dan Bagas Adi terlihat belum padu dalam mengawal lini belakang Singo Edan. Celah di pertahanan Arema inilah yang bisa dimanfaatkan oleh Ferinando Pahabol dan Irfan Jaya. Berbekal kecepatan dan eksplosivitas tinggi yang mereka miliki, Pahabol dan Irfan berpotensi mengacaukan konsentrasi pertahanan Arema FC.

Selain harus cerdik memanfaatkan buruknya koordinasi lini belakang lawan, Persebaya juga wajib tampil tenang pada laga ini. Diprediksi berlangsung dalam tensi tinggi, punggawa-punggawa Persebaya harus bisa mengontrol emosi. Meski statusnya hanya turnamen pramusim, laga menghadapi Arema tentu memiliki atmosfer berbeda. Tampil tenang dan tak mudah terpancing provokasi lawan adalah kunci bagi Persebaya jika ingin menaklukkan Arema FC. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs Arema FC

Persebaya (4-3-3): Alfonsius Kelvan (PG); Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi (B); Misbakhus Solikin, Rendi Irwan (C), Nelson Alom (T); Irfan Jaya, Rishadi Fauzi, Ferinando Pahabol (D)
Pelatih: Alfredo Vera

Arema FC (4-3-3): Kurniawan Kartika Ajie (PG); Ridwan Tawainela, Arthur Cunha, Bagas Adi, Johan Alfarizie (B) Ahmet Atayev, Hanif Sjahbandi, Balsa Bozovic (T); Dendi Santoso (C), Thiago Fortuoso, Dedik Setiawan (D)
Pelatih: Joko Susilo

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display