Mitra Kukar vs Persebaya: Pertahankan Rekor Apik di Laga Tandang

Robertino Pugliara, pencetak gol perdana Persebaya di Liga 1 2018. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Dua tim yang sama-sama sedang terluka akan bertemu di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Minggu (29/4) sore ini. Tuan rumah Mitra Kukar yang baru saja ditekuk Persipura akan menjamu Persebaya yang pekan lalu gagal menang atas Sriwijaya FC di kandang sendiri. Meski di tabel klasifika Persebaya jauh mengungguli Mitra Kukar, namun hal ini bukan jaminan Bajul Ijo akan mudah menaklukkan Naga Mekes. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh Indosiar mulai pukul 15.30 WIB.

Awal musim Liga 1 2018 menjadi periode berat bagi Mitra Kukar. Tiga kekalahan, satu hasil imbang dan hanya mampu menang sekali dalam lima pertandingan membuat skuat asuhan Rafael Berges itu terpuruk di peringkat ke-15. Namun rangkaian hasil buruk yang didapat Mitra Kukar terasa cukup wajar karena di lima laga awal mereka sudah harus bertemu tim-tim kuat macam Persib Bandung, Borneo FC, dan terakhir Persipura Jayapura.

Meski baru mengantongi satu kemenangan, namun Mitra Kukar jelas tak bisa diremehkan. Pasalnya, satu-satunya kemenangan Bayu Pradana cs. diraih atas tim bertabur bintang Madura United. Catatan impresif inilah yang menjadi modal bagus bagi Mitra Kukar kala menjamu Persebaya.

Mengusung misi untuk bangkit dari keterpurukan, akan tetapi laga menjamu Persebaya bukanlah laga yang mudah bagi Mitra Kukar. Pasalnya, Rafael Bergers dipastikan tak bisa menurunkan winger lincah Hendra Bayauw dan gelandang muda berbakat Septian David Maulana. Bayauw absen akibat skorsing kartu merah, sedangkan Septian David harus mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia U-23.

Iklan
BACA:  UM Surabaya Tetap Menjadi Official Partner Persebaya Tahun 2022

Tanpa Bayauw dan Septian, Berges masih memiliki sosok senior seperti Arif Suyono, Anindito Wahyu atau Rifan Nahummarury yang juga bisa bermain di posisi sayap.

Kekuatan Mitra Kukar jelang laga menjamu Persebaya juga semakin bertambah karena penyerang utama Fernando Rodriguez sedang tajam-tajamnya. Hingga pekan kelima, Rodriguez sudah mencetak gol dan masuk dalam deretan bomber tersubur Liga 1. Ketajaman Fernando Rodriguez inilah yang akan menjadi senjata utama Mitra Kukar.

Dari kubu tamu, Persebaya datang ke Stadion Aji Imbut dengan misi meraih kemenangan. Apalagi, Bajul Ijo punya rekor cukup apik ketika bertandang ke markas lawan. Dari dua laga tandang yang sudah dilakoni, Persebaya belum pernah kalah. Satu kemenangan dan satu hasil imbang berhasil dicatatkan Rendi Irwan dan kolega di kandang lawan.

Didukung rekor tandang bagus, Persebaya cukup percaya diri dalam lawatannya ke Tenggarong kali ini. Apalagi, Robertino Pugliara sudah kembali dari hukuman kartu merah. Kehadiran Robertino diharapkan membuat lini tengah Green Force menjadi lebih kreatif dan bisa menjadi pemecah kebuntuan ketika lini depan mengalami situasi deadlock.

Bukan hanya Robertino saja yang kembali, bek tengah Andri Muliadi juga sudah kembali bersama tim setelah pekan lalu absen. Andri akan memegang peran sentral sebagai penjaga tembok lini belakang Persebaya bersama tandemnya Fandry.

Persebaya sendiri termasuk tim yang tajam jika bermain di kandang lawan. David da Silva dan kawan-kawan mampu menciptakan lima gol dari dua laga away yang sudah dijalani Persebaya. Terakhir, Persebaya mampu menyarangkan empat gol di markas PS TIRA. Catatan inilah yang ingin diteruskan Persebaya di kandang Mitra Kukar.

BACA:  Persebaya Incar Poin di Kandang PSS Sleman

Berkaca dari hasil laga terakhir kontra Sriwijaya FC, Persebaya harus tampil lebih variatif pada pertandingan ini. Ketika ditahan imbang Sriwijaya FC pekan lalu, serangan Persebaya terlihat monoton karena bola kerap langsung ditujukan kepada dua sayap mereka, untuk kemudian diteruskan kepada David da Silva yang berdiri sendiri sebagai penyerang tengah.

Kembalinya Robertino Pugliara membuat Persebaya punya peluang untuk lebih memaksimalkan lini kedua ketika para penyerangnya mendapatkan pengawalan ketat bek-bek lawan. Selain itu, para juru gedor Bajul Ijo juga harus lebih efektif dalam memanfaatkan peluang gol. Jika mampu tampil tenang dan lebih efektif, serta tak mudah kecolongan oleh serangan balik lawan, Persebaya berpeluang meneruskan catatan apik di kandang Mitra Kukar. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Mitra Kukar vs Persebaya

Mitra Kukar (4-2-3-1): Gerri Mandagi (PG); Dedy Hartono, Mauricio Leal, Dedy Gusmawan, Rendy Siregar (B); Bayu Pradana (C), Danny Guthrie (T); Arif Suyono, Anindito Wahyu, Rifan Nahumarury (T) Fernando Rodriguez (D)
Pelatih: Rafael Berges

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Andri Muliadi, Fandry Imbiri, Mochammad Irvan (B); Nelson Alom, Rendi Irwan (C), Robertino Pugliara (T); Feri Pahabol, David da Silva, Oktafianus Fernando (D)
Pelatih: Alfredo Vera

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display