Unggul Jumlah Pemain, Persebaya Takluk di Tangan Mitra Kukar

Persebaya. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya kembali harus takluk di tangan tim asal Kalimantan. Melawat ke Tenggarong menghadapi tuan rumah Mitra Kukar, Bajol Ijo harus menyerah 1-3. Laga lanjutan Liga 1 2018 pekan ke-6 ini dimainkan di Stadion Aji Imbut, Minggu (29/4).

Alfredo Vera, pelatih Persebaya, kembali memainkan Robertino Pugliara. Tino panggilan pemain asal Argentina sempat absen ketika menghadapi Sriwijaya FC. Lini tengah Persebaya digalang Nelson Alom dan Sidik Saimima.

Sampai menit 10, kedua tim saling menyerang dengan bermain terbuka. Rodriguez Ortega striker andalan Mitra Kukar sesekali mengancam gawang Miswar Saputra. Bayu Pradana bertarung ketat dengan Alom memperebutkan lini tengah.

Menit 18, pelanggaran tidak penting Saimima mendapatkan kartu kuning dari wasit Toriq. Mitra Kukar lebih dominan dalam penguasaan bola. Serangan baliknya juga berbahaya. Persebaya mempunyai peluang dari Oktafianus tetapi masih off target. Satu serangan balik Mitra Kukar membuat M Irvan membuat pelanggaran di tengah lapangan. Pertandingan semakin menarik. Danny Gutrie juga mendapatkan kartu kuning akibat melanggar Abu Rizal.

Iklan
BACA:  David Da Silva Urus KITAS di Singapura

Gol Mitra Kukar akhirnya tercipta setelah umpan silang Dendi Hartono dari sisi kiri disambut tendangan Fernando R Ortega. Bola tidak berhasil diselamatkan Miswar Saputra.

Setelah gol terjadi, pemain Persebaya seperti kebingungan dengan pressing ketat pemain lawan. Berkali-kali sisi M Irvan dieksploitasi Anindito atau Dendi Hartono. Sampai babak pertama berakhir tidak ada gol terciptta kembali. Mitra Kukar unggul 1-0 atas Persebaya.

Babak kedua baru berjalan satu menit, Persebaya langsung menyamakan skor menjadi 1-1. Berawal dari tendangan sudut Oktafianus Fernando yang berhasil disundul Sidik Saimima. Bola tak bisa dijangkau Gerri Mandagi. Gol ini membuat permainan semakin menarik.

Persebaya terus menyerang. Menit 50 dan 51, secara beruntun ada peluang dari Feri Pahabol. Tendangannya masih off target. Mitra Kukar memasukkan Arif Suyono di babak kedua. Masuknya Arif ternyata berbuah hasil. Lolos dari jebakan offside, bola diteruskan ke Ortega di depan gawang Miswar Saputra. Ia dengan bebas mencocornya ke gawang kosong. Mitra Kukar unggul 2-1 pada menit 55.

BACA:  Ruben Sanadi Minta Maaf Atas Gol Penalti Borneo

Untuk mengejar ketinggalan, Alfredo memasukkan Rendi Irwan menggantikan Saimima yang terlihat cedera. Pelanggaran Arif Suyono menit 66 kepada Abu Rizal langsung dihadiahi kartu merah oleh wasit Toriq. Mitra Kukar bermain dengan 10 orang pemain. Sadar butuh gol, Alfredo memasukkan Riky Kayame menggantikan Pahabol.

Bermain melawan 10 pemain Persebaya kembali menekan. Rishadi Fauzi juga masuk, sementara M Irvan keluar. Mitra Kukar bertahan dengan baik dan sesekali menyerang.

Asyik menyerang Persebaya kembali kebobolan. Kali ini, Dendy Hartono yang berhasil memaksa Miswar kebobolan ketiga kalinya di menit ke-89.

Untuk kali kedua musim ini, Persebaya kembali memelan kekalahan. Sampai akhir pertandingan, skor tetap 3-1 untuk tuan rumah. Dengan kekalahan ini, Persebaya turun peringkat ke posisi 9 hasil dari 2 menang, 2 seri, dan 2 kalah. Laga berikut Persebaya adalah menjamu Arema FC pada Minggu (6/5) mendatang. (bim)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display