Hasil Liga 1 Pekan 8: MU Puncaki Klasemen, Persebaya Gagal Tembus Empat Besar

Line up Persebaya vs Borneo FC. Foto: Mustofa for EJ
Iklan

EJ – Persaingan papan atas Liga 1 semakin sengit. Kemenangan Madura United (MU) yang dibarengi dengan kekalahan Persipura Jayapura membuat MU mengambil alih puncak klasemen setelah sebelumnya dikuasai Persipura selama lima pekan.

Laga Liga 1 pekan ke-8 dibuka oleh duel PS TIRA menjamu PSMS Medan dan Borneo FC meladeni Persebaya Surabaya. PS TIRA kembali meraih poin penuh di kandang usai menaklukkan PSMS dengan skor 3-2. Ganjar Mukti, Wawan Febrianto dan Gustavo Lopes menjadi penyumbang gol PS TIRA. Sedangkan gol balasan PSMS dicetak oleh Frets Butuan dan Suhandi. Berkat kemenangan ini, PS TIRA mulai mendekat ke papan tengah.

Di Stadion Segiri Samarinda, tuan rumah Borneo FC kembali gagal meraih hasil positif setelah ditahan imbang oleh tamunya Persebaya Surabaya. Sempat dua kali tertinggal dari Persebaya melalui gol Irfan Jaya dan Ferinando Pahabol, dua kali pula Borneo FC bisa menyamakan kedudukan melalui dua gol Lerby Eliandry. Hasil imbang ini membuat Persebaya gagal menembus big four. Sedangkan bagi Borneo FC, hasil seri di kandang semakin memperpanjang rekor Pesut Etam yang tak pernah meraih kemenangan di empat laga terakhir.

Sementara itu di Stadion Aji Imbut, keganasan Fernando Rodriguez bersama Mitra Kukar terus berlanjut. Kali ini yang menjadi korban adalah Bali United. Rodriguez kembali mencetak brace dalam kemenangan 3-1 Mitra Kukar atas Bali United. Tambahan tiga poin membuat Naga Mekes berhasil merangsek ke peringkat 10 besar.

Iklan
BACA:  Besok, Dutra Jalani Pemeriksaan MRI

Di tempat lain, Persela yang berupaya naik ke papan atas kembali menemui jalan terjal setelah ditahan oleh Perseru Serui di Stadion Surajaya. Menjamu tim dengan pertahanan terbaik di Liga 1, Loris Arnaud dan kolega tak mampu berbuat banyak. Skor imbang tanpa gol pun menjadi akhir laga di Lamongan.

Pada pertandingan hari Sabtu (12/5), tiga kota yakni Palembang, Bandung dan Jakarta menggelar tiga laga besar. Di Stadion Gelora Sriwijaya, thriller tiga gol dalam enam menit berakhir dengan kemenangan 2-1 tuan rumah Sriwijaya FC atas tamunya Bhayangkara FC. Sementara di Gelora Bandung Lautan Api, Persib Bandung menjamu pemuncak klasemen Persipura Jayapura. Duet maut Ezechiel N’Douassel dan Jonathan Bauman menjadi pembeda dalam laga ini. Eze dan Bauman masing-masing mencetak satu gol sekaligus memberi kekalahan kedua bagi Persipura.

Kejutan hadir dari Gelora Bung Karno Jakarta. Persija Jakarta secara tak terduga takluk dari tamunya Madura United. Madura United yang memang sedang on fire berhasil menaklukkan tuan rumah dengan skor dua gol tanpa balas. Dua gol Laskar Sapeh Kerrap dicetak oleh Fabiano Beltrame dan Zah Rahan pada masing-masing babak. Kemenangan kelima Madura United ini sekaligus mengantarkan skuat asuhan Milomir Seslija itu ke puncak klasemen Liga 1 dengan koleksi 16 poin.

BACA:  Incar Poin Penuh, Persebaya Ingin Tebus Kekalahan

Kemenangan juga diraih oleh Barito Putera. Bermain di kandang sendiri Stadion 17 Mei, Samsul Arif dan kawan-kawan berpesta gol ke gawang PSIS Semarang. Empat gol Barito Putera hanya mampu dibalas oleh satu gol PSIS Semarang. Kekalahan dari Barito Putera pun membuat PSIS kembali terpuruk di zona degradasi.

Pertandingan Liga 1 pekan kedelapan ditutup oleh laga Arema FC kontra PSM Makassar di Stadion Kanjuruhan. Arema FC belum bisa keluar dari situasi buruk setelah hanya mampu bermain imbang dengan PSM. Sempat tertinggal oleh gol Marc Klok di menit k eke-74, Singo Edan harus berterima kasih kepada Thiago Furtuoso yang menyamakan kedudukan tiga menit kemudian. Hanya mampu meraih satu poin, Arema FC belum beranjak dari dasar klasemen. Sedangkan bagi PSM, hasil seri di Malang membuat Juku Eja menempel Madura United di tabel klasemen sementara Liga 1. (rvn)

Hasil lengkap Liga 1 pekan 8:

Jumat (11/5)
PS TIRA 3-2 PSMS Medan
Borneo FC 2-2 Persebaya Surabaya
Mitra Kukar 3-1 Bali United
Persela Lamongan 0-0 Perseru Serui

Sabtu (12/5)
Sriwijaya FC 2-1 Bhayangkara FC
Persib Bandung 2-0 Persipura Jayapura
Barito Putera 4-1 PSIS Semarang
Persija Jakarta 0-2 Madura United

Minggu (13/5)
Arema FC 1-1 PSM Makassar

Lihat klasemen Liga 1 di sini.

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display