Hasil Liga 1 Pekan 9: Pesta Gol ke Gawang MU, Persipura Kembali ke Puncak

Persipura Jayapura. Foto: Official Liga Indonesia
Iklan

EJ – Liga 1 memainkan 8 pertandingan pada pekan ke-9 setelah laga Persebaya Surabaya menjamu Persib Bandung diputuskan ditunda. Pekan kesembilan menjadi penanda kembalinya Persipura Jayapura ke puncak klasemen setelah pekan lalu dikuasai oleh Madura United.

Liga 1 pekan ke-9 dibuka oleh PSIS Semarang meladeni PS TIRA di Stadion Moch. Soebroto Magelang. PSIS yang berusaha bangkit usai kalah telak di pekan sebelumnya harus kembali menelan pil pahit setelah dipecundangi tamunya PS TIRA dengan skor dua gol tanpa balas. Aleksandar Rakic menjadi pahlawan kemenangan The Young Warriors berkat dua gol yang ia cetak di babak kedua.

Di hari yang sama, Bhayangkara FC berhasil memaksimalkan laga kandang menghadapi Mitra Kukar. Gol tunggal Muhammad Hargianto pada penghujung babak pertama sudah cukup untuk mengamankan tiga poin Bhayangkara FC di kandang sendiri. Meski menang, namun anak asuh Simon McMenemy tersebut masih tertahan di papan tengah.

Sementara itu, laga lanjutan di hari Kamis (17/5) mempertemukan Perseru Serui kontra Barito Putera yang digelar di Stadion Gajayana, Malang. Barito Putera sukses meneruskan tren kemenangan usai mengalahkan Perseru yang berstatus sebagai tuan rumah dengan skor tipis 1-0 melalui gol Rizky Pora. Berkat kemenangan ini, Barito Putera melesat ke papan atas klasemen sementara Liga 1.

Iklan

Kemudian pada partai lanjutan pekan ke-9 yang dihelat pada hari Jumat (18/5), Bali United berhasil memutus rentetan hasil buruk usai mengandaskan perlawanan Arema FC di Stadion Kapten Dipta dengan skor 1-0. Gol tunggal Serdadu Tridatu dicetak oleh Stefano Lilipaly sepuluh menit jelang laga usai. Kemenangan ini membuat Bali United merangkak naik ke peringkat 9. Sedangkan bagi Arema FC, kekalahan kelima yang mereka terima membuat skuat Singo Edan belum bisa beranjak dari dasar klasemen.

BACA:  Hasil Liga 1 Pekan 5: Persipura Kokoh di Puncak, Persebaya Peringkat Enam

Berpindah ke Stadion Teladan di Kota Medan, tuan rumah PSMS Medan sukses mengamankan tiga poin di kandang sendiri. Menjamu Sriwijaya FC yang grafik permainannya tengah menanjak, PSMS berhasil unggul melalui gol Dilshod Sharofetdinov di menit-menit akhir. Tambahan tiga poin membuat Ayam Kinantan mulai menjauh dari zona merah.

Pada pertandingan hari Sabtu (19/5), duel big match yang mempertemukan dua penguasa klasemen Liga 1 yaitu Persipura Jayapura dan Madura United (MU) digelar di Stadion Mandala Jayapura. Laga yang mempertaruhkan posisi puncak klasemen Liga 1 ini berakhir manis bagi tuan rumah. Tak tanggung-tanggung, Mutiara Hitam memberondong Laskar Sapeh Kerrab dengan enam gol tanpa balas. Persipura berpesta gol ke gawang Madura United melalui brace kapten Boaz Solossa dan masing-masing satu gol dari Ian Kabes, Marcel Sacramento, Rivaldo Ferre dan Imanuel Wanggai.

Kemenangan telak Persipura atas Madura United sekaligus mengantarkan Boaz Solossa dan kawan-kawan kembali ke puncak klasemen Liga 1. Persipura kini mengoleksi 17 poin hasil dari lima kali menang, dua kali imbang dan dua kali kalah.

BACA:  Hasil Liga 1 Pekan 17: Persebaya Terpuruk di Papan Bawah

Di tempat lain, PSM Makassar juga berhasil mengamankan posisinya di papan atas. Menjamu Borneo FC di Stadion Andi Mattalatta, PSM harus berterima kasih kepada Guy Junior yang mencetak gol pada menit keempat additional time. Raihan tiga poin di kandang ini pun membuat PSM menyamai poin Persipura, namun skuat asuhan Rene Alberts tersebut kalah selisih gol sehingga harus berada di peringkat ke-2.

Liga 1 pekan 9 ditutup oleh laga Persela Lamongan menjamu Persija Jakarta di Stadion Surajaya Lamongan. Persija yang mampu memberikan perlawanan sengit kepada tuan rumah akhirnya harus menyerah setelah Diego Assis dan Shohei Matsunaga mencetak gol enam menit jelang laga usai. Macan Kemayoran pun gagal membawa pulang poin dari lawatannya ke Lamongan.

Bagi Persela, kemenangan atas Persija membuat Laskar Joko Tingkir merangsek ke peringkat 5. Sedangkan bagi Persija, dua kekalahan beruntun di liga membuat mereka melorot ke peringkat 13 dengan koleksi 10 poin. (rvn)

Hasil Liga 1 pekan ke-9:

Kamis (17/5)
PSIS Semarang 0-2 PS TIRA
Bhayangkara FC 1-0 Mitra Kukar
Perseru Serui 0-1 Barito Putera

Jumat (18/5)
Bali United 1-0 Arema FC
PSMS Medan 1-0 Sriwijaya FC

Sabtu (19/5)
Persipura Jayapura 6-0 Madura United
Persebaya Surabaya – Persib Bandung (Ditunda)
PSM Makassar 1-0 Borneo FC

Minggu (20/5)
Persela Lamongan 2-0 Persija Jakarta

Lihat klasemen Liga 1 di sini.

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display