Komunitas, Ajang Silaturahmi dan Edukasi Bagi Bonek

Komunitas BARS. Foto: Ninda Sahriyani/EJ

Komunitas pendukung Persebaya bila kita hitung mungkin berjumlah puluhan bahkan ratusan komunitas. Itu belum terhitung dengan komunitas yang mungkin baru terbentuk ketika Persebaya kembali ke kasta tertinggi di Indonesia

Bisa dimaklumi, ratusan komunitas tersebut muncul karena animo dari Bonek sendiri mendukung kebanggaan sangatlah besar

Berbagai komunitas yang muncul ini tak pelak menimbulkan anggapan yang tidak baik akan tujuan berdirinya mereka. Anggapan hanya mencari nama dengan memanfaatkan nama besar Persebaya seringkali muncul di permukaan.

BACA:  Anggap Mencemarkan Nama Baik, Persebaya Laporkan Jawa Pos ke Polrestabes

Namun bila ditelisik lebih dalam, kemunculan komunitas yang ada seperti ini, juga karena Persebaya. Mereka dipersatukan oleh klub bernama Persebaya.

Memang, visi dan misi mereka membentuk sebuah komunitas seringkali berbeda antara satu dengan yang lain. Namun itu tak lantas membuat justifikasi atau anggapan bahwa komunitas mencari tenar dengan memanfaatkan nama Persebaya.

BACA:  Pesan Khusus Misbakus Solikin untuk Bonek

Mereka justru berkumpul dan membentuk sebuah komunitas tersebut tidak lain karena ingin bersilaturahmi antar sesama Bonek dan ingin menunjukkan bahwa Bonek wes berubah.

Jadi menurut saya pribadi munculnya beberapa komunitas yang baru cenderung menguntukan bonek dan Persebaya di masa sekarang.

Komunitas selain ajang silaturahmi juga sebagai ajang untuk belajar mendukung Persebaya dengan cara yang baik dan santun.

Komentar Artikel