Persija vs Persebaya: Pertahankan Rekor Manis di SSA

David da Silva. Foto: EJ
Iklan

EJ – Hanya mampu meraih hasil imbang dalam tiga pertandingan terakhir membuat Persebaya dihadapkan dengan misi wajib menang pada laga kontra Persija, Minggu (3/6) di Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul. Namun target poin penuh Persebaya bakalan menemui jalan terjal. Pasalnya, Persija yang berstatus tuan rumah juga sedang membutuhkan kemenangan untuk mendongkrak posisi mereka di tabel klasemen.

Tiga hasil seri secara beruntun memang membuat Persebaya dalam tekanan. Rendi Irwan dan kawan-kawan pun tidak punya pilihan lain selain bangkit agar posisi Persebaya di papan klasemen tetap aman.

Datang ke Bantul dengan target kemenangan, Persebaya harus kehilangan Irfan Jaya dan Osvaldo Haay yang membela tim nasional Indonesia U23. Absennya Irfan yang sedang on fire tentu akan sedikit mengurangi daya sengat Bajul Ijo di lini depan. Sebagai pengganti, Oktafianus Fernando diprediksi akan kembali dipercaya sebagai starter.

Di sisi lain, Persebaya mendapat kabar baik dengan kembalinya Otavio Dutra dan David da Silva. Keduanya tidak masuk line-up ketika Persebaya ditahan imbang Persipura pekan lalu. Dutra dan Da Silva berpeluang melakukan comeback pada laga ini. Khusus bagi David da Silva, penyerang asal Brasil tersebut punya kenangan manis di Stadion Sultan Agung. Pada pertandingan menghadapi PS TIRA, Da Silva mampu mencatatkan tiga gol. Ketajaman Da Silva yang sudah mengoleksi 6 gol diharapkan kembali hadir saat jumpa Persija.

Iklan
BACA:  AB1927 Rayakan Ultah Persebaya di Taman Mundu

Dari kubu Persija, skuat Macan Kemayoran yang kini tertahan di peringkat 14 bertekad untuk menang usai digebuk Barito Putera pekan lalu. Persija memang punya cukup modal kala menjamu Persebaya. Apalagi, Ismed Sofyan dan kolega punya rekor apik di Stadion Sultan Agung. Terakhir, Persija mampu menang telak atas PSIS Semarang di stadion milik Pemerinitah Kabupaten Bantul tersebut.

Di laga ini, Persija tak bisa diperkuat Riko Simanjuntak, Rezaldi Hehanusa, dan Marko Simic. Khusus Simic, ia absen karena larangan tampil empat laga yang diterimanya usai sidang Komdis PSSI, Kamis (31/5) kemarin. Striker asal Kroasia ini dianggap menyikut pemain Persipura, Ian Louis Kabes, di laga pekan 10.

Di lini tengah, tiga gelandang terbaik yang dimiliki Persija, yakni Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand dan Sandi Sute juga siap untuk laga ini. Perhatian tentu akan tertuju pada duet Rohit Chand dan Sandi Sute yang merupakan motor permainan Persija. Jika Rohit dan Sandi dibiarkan mendominasi lini tengah, maka ini akan menjadi sinyal bahaya bagi Persebaya.

BACA:  Mengenal Vengko Armedya, Pencetak Hattrick ke Gawang Persela U-19

Duel Persija menjamu Persebaya akan menjadi pertaruhan dua tim yang sama-sama membutuhkan kemenangan. Menghadapi Persija yang mengandalkan pressing tinggi, pemain-pemain Persebaya harus bermain disiplin. Selain itu, para penyerang Bajul Ijo juga tak boleh lagi terlalu sering membuang peluang seperti ketika bermain imbang dengan Persipura.

Kemenangan seperti menjadi harga mati bagi Persebaya jika tak ingin semakin terpuruk. Tambahan tiga poin dengan permainan meyakinkan di atas lapangan pastinya akan mengembalikan kepercayaan diri skuat Green Force. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persija vs Persebaya:

Persija (4-3-3): Daryono (PG); Ismed Sofyan (C), Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Marko Kabiay (B); Asri Akbar, Sandi Sute, Rohit Chand (T); Addison Alves, Novri Setiawan, Ramdani Lestaluhu (D)
Pelatih: Stefano Cugurra

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Mokhammad Syaifuddin, Andri Muliadi, Ruben Sanadi (B); Nelson Alom, Rendi Irwan (C), Robertino Pugliara (T); Riky Kayame, David da Silva, Ferinando Pahabol (T)
Pelatih: Alfredo Vera

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display