Persebaya Pantang Pulang Tanpa Bawa Poin

Irfan Jaya, Riky Kayame, dan Feri Pahabol saling berpelukan usai gol kedua Persebaya lawan Madura United. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

Tuan rumah PSM Makassar dan tamunya Persebaya menyimpan misi serupa. Kedua tim mencoba mencari poin demi menjaga kestabilan di papan klasemen. Kali ini di pekan ke-13, Persebaya melawat ke Makassar menemui seteru klasiknya di era Perserikatan, PSM. Memang sejak Liga Indonesia digulirkan Juli 1994 silam, Persebaya belum pernah sekali pun memetik poin penuh di Stadion Mattoangin, Makassar. Tapi ini bukanlah sebuah alasan. Karena kali ini raihan poin lebih manis daripada madu. Lebih-lebih jika mampu meraih poin penuh. Karena Persebaya saat ini terpaku di peringkat ke-14 dari 10 pertandingan.

Para pemain inti Tim Bajul Ijo sudah mulai sembuh dari cedera dan dalam kondisi siap bermain penuh. Sektor ofensif dan defensif Persebaya Surabaya siap berjuang habis-habisan meraih poin penting di Makassar. Top skor sementara Green Force, David da Silva dalam kondisi siap bermain. Ditopang duo sayap nan gesit serta mematikan: Oktafianus Fernando dan Irfan Jaya siap memberikan ancaman bagi lini belakang Tim Juku Eja.

BACA:  Lebih Dekat dengan Nerius Alom, Gelandang Anyar Persebaya

Materi lini belakang dan lini tengah dalam kondisi siap tempur. Otavio Dutra yang lama absen bisa bermain kali ini. Sedangkan kapten Rendi Irwan, Nelson Alom dan Misbakus Solikhin siap mengawal lini tengah Persebaya Surabaya dan memberikan servis terbaiknya. Rishadi Fauzi, Riky Kayame, Osvaldo Haay, dan Ferinando Pahabol bisa menjadi kartu as tim dari bangku cadangan. Namun sayangnya Robertino Pugliara tak dibawa kali ini. Entah apa alasannya.

Problem pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera sepertinya bukan terletak di materi, namun lebih kepada penyelesaian akhir yang kurang tajam dan lini belakang yang masih mudah ditembus oleh umpan-umpan silang tim lawan. Intinya mereka hanya perlu fokus dan konsisten dalam bermain. Jika peak performance para pemain-pemain ini bisa diperoleh kembali seperti saat di Liga 2 musim lalu, tak terbayangkan betapa solid dan padunya mereka.

Iklan
BACA:  Enam Pemain Persebaya Terancam Tidak Bisa Main

Sementara itu di kubu tuan rumah PSM saat ini memang sedang nyaman berada di puncak klasemen sementara. Di pertandingan terakhir mereka menahan imbang tuan rumah Persipura Jayapura 1-1 di Jayapura. Pelatih Robert Rene Alberts bisa menurunkan komposisi terbaiknya melawan seteru beratnya ini. Para pemain asing mereka siap bertarung. Steven Paulle, Wiljan Pluim, Mark Klok, dan Guy Junior siap memberikan perlawanan terbaiknya. Ditambah lagi para pemain lokal bernama besar seperti Ferdinand Sinaga, Zulham Zamrun, Zulkifli Syukur serta deretan pemain muda PSM yang penuh ambisi dan talenta wajib diwaspadai daya ledaknya.

Waspada kepada tim lawan itu sudah pasti. Tapi waspada juga terhadap hal-hal non teknis rek! Pantang pulang tanpa bawa poin yo rek! Kekalahan hanya membuat semakin terjal menapaki kompetisi Liga 1 musim ini. Beri kami hadiah Lebaran terbaikmu. Wani! (dpp)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display