PSM vs Persebaya: Laga Berat Green Force Jumpa Seteru Klasik

David da Silva. Foto: EJ

EJ – Lawan berat sudah menanti Persebaya pada pertandingan Liga 1 pekan ke-13. Sabtu (8/6) malam ini, Persebaya akan dijamu tuan rumah PSM Makassar di Stadon Andi Mattalatta. Laga yang teramat penting bagi Persebaya karena saat ini Bajul Ijo hanya berjarak dua strip dari zona degradasi.

Persebaya melawat ke kandang seteru klasik era Perserikatan ini dengan bayang-bayang tiga hasil imbang dalam tiga laga terakhir. Gagal mencatatkan satu pun kemenangan dalam tiga laga beruntun membuat posisi Green Force melorot ke papan bawah. Tiga poin di Makassar menjadi target Rendi Irwan dan kawan-kawan jika mereka tak ingin terjerembab ke zona merah.

Menghadapi tuan rumah yang kini bertengger di puncak klasemen Liga 1, Persebaya datang dengan kekuatan penuh, termasuk Otavio Dutra dan David da Silva yang sudah sembuh dari cedera. Kehadiran Da Silva yang sudah mengoleksi 6 gol akan memberikan ketajaman di sektor depan. Sedangkan kembalinya Dutra akan membuat lini belakang Persebaya menjadi lebih kokoh.

Performa lini belakang Persebaya memang menjadi sorotan. Dalam tiga pertandingan terkini, Bajul Ijo harus kebobolan lima gol. Ini tentu menjadi sinyal bahaya bagi Dutra dan bek-bek Persebaya lainnya karena mereka akan berhadapan dengan PSM Makassar yang merupakan salah satu tim paling produktif di Liga 1.

Hingga pekan ke-12, PSM mampu melesakkan 18 gol. Catatan 18 gol tersebut membuat Juku Eja masuk dalam deretan tim dengan jumlah gol terbanyak. Meski tak memiliki penyerang yang mendominasi perolehan gol, namun hal ini bukan masalah bagi PSM. Pasalnya, skuat asuhan Robert Rene Alberts tersebut punya pencetak gol yang merata. Artinya, siapa saja pemain PSM bisa mencetak gol. Inilah yang harus diwaspadai oleh Persebaya.

BACA:  Jadwal Lawan Persebaya Mundur, Persib Respon Positif

Kunci permainan agresif PSM adalah kuatnya lini tengah mereka. Di sektor tengah, PSM punya deretan gelandang berkualitas macam Marc Klok, Wiljan Pluim hingga Rizky Pellu. Pluim dan Pellu akan memimpin serangan PSM, sementara Klok akan menjadi metronom di lini tengah.

Duel kreativitas di lini tengah bisa menjadi penentu hasil akhir laga ini. Keberadaan gelandang-gelandang elegan di PSM membuat serangan Juku Eja menjadi sangat berbahaya. Akan menjadi tugas bagi Nelson Alom atau Sidik Saimima untuk menjadi perusak alur serangan PSM. Selain harus bermain disiplin, Persebaya juga dituntut lebih efektif dalam mengeksekusi peluang. Jika para gelandang Persebaya mampu menutup ruang gerak Pluim dan Klok, Persebaya punya peluang untuk membawa pulang poin dari Makassar. (rvn)

Prakiraan susunan pemain PSM vs Persebaya:

PSM (4-2-3-1): Rivky Mokodompit (PG); Zulkifli Syukur (C), Steven Paulle, Abdul Rahman, Reva Adi Utama (B); Rizky Pellu, Marc Klok (T); Zulham Zamrun, Wiljan Pluim, M. Rahmat (T); Guy Junior (D)
Pelatih: Robert Rene Alberts

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Mokhammad Syaifuddin, Ruben Sanadi (B); Nelson Alom, Rendi Irwan (C), Misbakus Solikin (T); Irfan Jaya, David da Silva, Oktafianus Fernando (D)
Pelatih: Alfredo Vera

Facebook Comments