Persija vs Persebaya: Bangkit atau Terpuruk

Rishadi Fauzi. Foto: Etsha Magenta/EJ
Iklan

EJ – Tiga hasil seri dan satu kekalahan dari empat pertandingan terakhir membuat Persebaya terperosok ke zona merah. Alhasil, Bajul Ijo pun harus terpuruk di zona degradasi sebelum kompetisi memasuki masa libur Idulfitri. Kini, Persebaya mengincar momentum kebangkitan dalam lanjutan laga tunda Liga 1 pekan-12 kontra Persija Jakarta.

Sebuah misi yang tak mudah bagi Persebaya karena sang tuan rumah Persija juga sedang memburu kemenangan untuk mendongkrak posisi mereka ke papan atas. Meski sempat mengalami inkonsistensi permainan, Persija yang kini bertengger di peringkat ke-10 punya modal berharga kala harus menjamu Persebaya.

Pada pertandingan terakhir, skuat Macan Kemayoran mampu menang meyakinkan atas PS TIRA. Absennya Marko Simic nyatanya tak mengurangi daya gedor Macan Kamayoran. Addison Alves dan legenda hidup Persija Bambang Pamungkas tetap bisa menghadirkan ketajaman bagi skuat asuhan Stefano Cugurra tersebut.

Selain lini depan yang kembali tajam, Persija juga semakin percaya diri menatap duel klasik kontra Persebaya karena pemain-pemain terbaik mereka siap untuk dimainkan. Sandi Sute akan kembali menjadi jenderal lapangan tengah bersama Ramdani Lestaluhu dan Rohit Chand. Di lini belakang, Vava Mario Yagalo menunjukkan bahwa ia pantas masuk skuat utama Macan Kemayoran mendampingi Jaimerson Xavier.

Iklan
BACA:  Persebaya Menunggu Pemain Asing Baru

Tampil dengan skuat terbaik, Stefano Cugurra pun menyuarakan optimismenya untuk bisa mendulang poin penuh pada laga ini. Ia pun menginstruksikan anak asuhnya untuk langsung menekan Persebaya sejak awal laga.

“Intinya baik lini belakang dan depan harus konsentrasi. Ini main di kandang, jika bisa cetak gol dari awal pasti lebih bagus,” ujar pelatih yang akrab disapa Teco tersebut.

Performa tuan rumah yang kembali menanjak merupakan sinyal bahaya bagi Persebaya. Apalagi, Bajul Ijo melawat ke ibu kota tanpa dua pemain terbaiknya. David da Silva masih dibekap cedera. Sedangkan Ruben Sanadi diragukan bisa tampil pada pertandingan ini.

Absennya David da Silva adalah masalah serius bagi skuat Green Force. Pada dua laga terakhir tanpa penyerang asal Brasil tersebut, Persebaya mengalami kesulitan untuk mencetak gol. Ini tentu menjadi tugas berat bagi Irfan Jaya dan penyerang-penyerang lain untuk bisa mengambil peran David da Silva sebagai sumber gol Bajul Ijo.

BACA:  Beberapa Pemain Cedera, Persebaya Maksimalkan Pemain Yang Ada

Meski tak bisa menurunkan tim terbaik, Alfredo tetap optimis bisa meraih poin pada laga ini. Pelatih asal Argentina itu mengaku sudah mempelajari gaya main Persija. Ia pun sudah menyiapkan langkah antisipasi untuk membendung agresivitas Macan Kemayoran.

“Saya tahu kekuatan Persija, mereka punya pemain cepat dan striker bagus. Tapi kami sudah punya cara untuk mengatasinya,” ungkap Alfredo. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persija vs Persebaya

Persija (4-4-2): Daryono (PG); Ismed Sofyan (C), Jaimerson, Vava Mario, Rezaldi Hehanusa (B); Riko Simanjuntak, Rohit Chand, Sandi Sute, Novri Setiawan (T); Bambang Pamungkas, Addison Alves (D)
Pelatih: Stefano Cugurra

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Fandry Imbiri, Izaac Wanggai (B); Rendi Irwan (C), Nelson Alom, Robertino Pugliara (T); Riky Kayame, Irfan Jaya, Rishadi Fauzi (D)
Pelatih: Alfredo Vera

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display