Tahan Persija, Persebaya Keluar dari Zona Degradasi

Rishadi Fauzi usai mencetak gol ke gawang Persija. Foto: Official Persebaya
Iklan

EJ – Persebaya membuang peluang untuk meraih tiga angka meski sempat unggul atas Persija. Laga yang berlangsung di Stadion PTIK, Selasa (26/6) berakhir dengan skor 1-1. Rishadi Fauzi membuat asa Persebaya meraih poin penuh di babak pertama. Namun sontekan dari Novri Setiawan di awal babak kedua membuat skor menjadi sama kuat.

Persebaya turun dengan formasi mengejutkan. Memasang tiga bek tengah Fandry Imbiri, Andri Muliadi, dan M Syaifudin. Menggunakan jersey putih dengan Imbiri sebagai kapten.

Mengawali babak pertama Green Force mengambil inisiatif menyerang. Irfan Jaya dan Rishadi sempat merepotkan lini belakang Persija. Lapangan yang sedikit tergenang membuat banyak bola-bola panjang.

10 menit pertama, kedua tim saling menyerang. Riko Simanjuntak menjadi tumpuan serangan Persija bersama Ismed Sofyan. Sementara Robertino Pugliara memimpin serangan Persebaya.

Iklan

Menit ke-12, peluang Fandi Eko masih bisa diselamatkan Andritany yang mengawal gawang Macan Kemayoran. Gol yang ditunggu akhirnya tercipta melalui Rishadi Fauzi. Satu kesalahan pemain Persija dimanfaatkan pemain Persebaya. Satu tendangan Irfan Jaya masih bisa diblok tetapi bola mengarah ke Fauzi. Tanpa dikontrol bola ditendang keras kaki kanan menjebol gawang Andritany. Persija 0, Persebaya 1.

BACA:  Persebaya Bawa 24 Pemain ke Bandung

Pada menit ke-21, M Syaifudin mengalami cedera dan digantikan Otavio Dutra. Ketinggalan satu gol pemain Persija semakin intens menyerang. Novri Setiawan dan Riko semakin agresif.

Tendangan Irfan Jaya masih bisa diblok oleh Andritany dan hanya memghasilkan tendangan pojok. Satu sundulan Fauzi juga berhasil ditangkap penjaga gawang Persija. Lapangan yang berat seringkali bola tertahan saat umpan mendatar.

Serangan balik Persebaya cukup efektif hingga menit ke-35 babak pertama. Menit 36, satu serangan Fauzi masih menyamping ke gawang Andritany. Teco dan Vera pelatih kedua tim terus berteriak dari sisi lapangan. Hujan terus mengguyur di stadion milik Markas Besar Kepolisian Indonesia ini.

Serangan beruntun Persija di menit-menit akhir babak pertama membahayakan gawang Miswar. Babak pertama berakhir dengan tidak tercipta gol lagi. Persija tertinggal 0-1 dari Persebaya.

Mengawali babak kedua, Persija memasukkan Rohit Chand menggantikan Bambang Pamungkas. Persija berinisiatif melakukan serangan. Satu peluang Novri menit 50, berhasil diblok Andri Muliadi. Satu menit kemudian Novri berhasil membobol gawang Miswar. Satu umpan lambung Rohit Chand salah diantisipsi Miswar. Skor sementara imbang 1-1 pada menit 51.

BACA:  Susunan Pemain PSS vs Persebaya

Feri Pahabol menerima kartu kuning pada menit 55 setelah melanggar Sandi Suthe. Alfredo Vera menarik Irfan Jaya dengan memasukkan Nelson Alom pada menit 56. Serangan Persija makin deras menekan pertahanan Persebaya.

Adam Maulana masuk menggantikan Izaac Wanggai menit ke-62. Alfredo memperkuat lini tengah dengan masuknya Adam. Ini penampilan kedua Adam di Liga 1.

Pertarungan taktik kedua pelatih terus berlanjut. Teco memasukkan Valentino Telaubun menggantikan Rezaldi Hehanusa pada menit 73. Sapuan Andri kembali menyelamatkan gawang Miswar.

Fandry Imbiri menjadi pemain Persebaya kedua yang terkena kartu kuning di laga ini karena melanggar Novri Setiawan pada menit 83. Pemain Persebaya terlihat sudah terkuras tenaganya. Sementara kuota pergantian pemain sudah habis.

Tambahan waktu 3 menit diberikan oleh wasit. Persebaya masih terus menahan serangan Persija. Menit 93 Persebaya mendapatkan tendangan sudut. Tidak bisa dimanfaatkan. Peluit panjang wasit Aprisman ditiup dengan skor tetap 1-1.

Persebaya belum juga beranjak dari papan bawah Liga 1 namun sudah keluar dari zona degradasi. Laga berikutnya adalah menjamu Bali United pada 7 Juli 2018 di Gelora Bung Tomo. (bim)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display