PSIS vs Persebaya: Optimisme Tinggi, Saatnya Menang Lagi

38
Pemain Persebaya. Foto: Joko Kristiono/EJ
738Shares

EJ – Persebaya akan dijamu tuan rumah PSIS Semarang pada lanjutan Liga 1 pekan ke-17 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Minggu (22/7) sore ini. Duel klasik antara dua tim eks perserikatan ini akan menjadi laga seru karena kedua tim sama-sama menargetkan kemenangan. Sang tamu Persebaya datang ke Magelang dengan misi tiga poin agar bisa menembus papan atas. Sedangkan tuan rumah PSIS butuh kemenangan untuk lepas dari jurang degradasi.

Persebaya melawat ke kandang PSIS dengan optimisme tinggi usai menang atas PSMS Medan pada pekan sebelumnya. Irfan Jaya dan kawan-kawan semakin percaya diri karena Bajul Ijo tak terkalahkan pada empat pertandingan terakhir.

Persebaya pun membawa skuat terbaik ke Magelang. Dua pemain yang sedang on fire, yakni David da Silva dan Irfan Jaya, akan menjadi andalan Bajul Ijo untuk mendulang gol. Kekuatan Persebaya semakin lengkap karena dua penggawa anyar mereka, OK John dan Raphael Maitimo, mampu cepat beradaptasi dengan tim. OK John akan memperkokoh lini belakang. Sementara Maitimo yang pekan lalu menciptakan satu assist diharapkan kembali memberikan penampilan terbaiknya.

Atmosfer positif yang sedang menyelimuti Persebaya membuat Alfredo Vera yakin bisa meraih hasil maksimal di kandang PSIS. Pelatih asal Argentina tersebut menyatakan bahwa semua pemain Persebaya sudah siap untuk laga kontra PSIS.

“Semua pemain sudah tahu apa yang mereka lakukan karena kami sering latihan. Dan kami lihat siapa pemain yang lebih siap. Dan yang turun pasti siap,” ujar Alfredo.

Menjamu Persebaya yang datang dengan kekuatan penuh, PSIS yang butuh kemenangan untuk bisa beranjak dari zona degradasi telah menyiapkan langkah antisipasi.

Laskar Mahesa Jenar akan mengandalkan produktivitas gol di kandang mereka. Meski kini masih berkutat di zona merah, namun skuat Vincenzo Annese tersebut memang punya rekor gol yang cukup apik jika bermain di kandang sendiri.

BACA:  Berharap Panpel Permudah Pembelian Tiket Online

Hingga pekan ke-16, PSIS mampu menyarangkan 13 gol apabila bermain kandang, dan hanya kebobolan 5 gol. Bahkan, dalam tiga laga kandang terakhirnya, PSIS mampu mencetak lima gol ke gawang lawan.

Tajamnya lini depan PSIS membuat Annese percaya diri bisa mengimbangi agresivitas Persebaya. Apalagi, Hari Nur Yulianto dan kolega baru saja menahan imbang tim kuat Persipura di Jayapura.

“Kami tampil disiplin saat melawan Persipura. Itu juga yang saya inginkan saat melawan Persebaya nanti. Mereka tim bagus meski sama-sama berangkat dari Liga 2,” ungkap Annese.

Pada laga ini, PSIS akan banyak bertumpu pada ketajaman Bruno Silva. Sejauh ini, penyerang asal Brasil itu sudah mengoleksi empat gol dan tiga assist. Bruno akan didukung oleh dua sayap eksplosif, Hari Nur Yulianto dan Komaruddin.

Tajamnya lini depan PSIS jika bermain di kandang sendiri inilah yang harus diwaspadai oleh Persebaya. Apalagi, PSIS di tangan Vincenzo Annese lebih menonjolkan permainan kolektif untuk menutup ruang gerak lawan. Jika ingin membawa pulang poin penuh dari Stadion Moch Soebroto, Persebaya harus bermain sabar dan efektif dalam memanfaatkan peluang. (rvn)

Prakiraan susunan pemain PSIS vs Persebaya

PSIS (4-3-3): Jandia Eka Putra (PG); Safrudin Tahar, Haudi Abdillah (C), Petar Planic, Frendi Saputra (B); Bayu Nugroho, Ibrahima Conteh, Muhammad Yunus (T); Komaruddin, Bruno Silva, Hari Nur Yulianto (D)
Pelatih: Vincenzo Annese

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana (C), Otavio Dutra, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi (B); Muhammad Hidayat, Raphael Maitimo, Robertino Pugliara (T); Irfan Jaya, David da Silva, Oktafianus Fernando (D)
Pelatih: Alfredo Vera

Facebook Comments