Serba Pertama di Kekalahan Keempat Persebaya

52
Kapten Persebaya, Rendi Irwan, menyesali peluang yang gagal menjadi gol pada laga kontra PSIS, Minggu (22/7). Foto: Joko Kristiono/EJ
Shares

EJ – Persebaya mengalami kekalahan keempatnya saat bertandang ke kandang PSIS Semarang di Stadion dr Moch Subroto, Magelang, Minggu (22/7) kemarin. Gol tunggal Komarudin ke gawang Miswar Saputra cukup membuat tim Mahesa Jenar mengalahkan Green Force dengan skor 1-0. Kekalahan ini membuat anak asuh Alfredo Vera belum bisa merangkak ke atas klasemen Liga 1 2018.

Partai seru di Magelang kemarin menyisakan beberapa catatan menarik untuk Persebaya. Berikut beberapa catatan serba pertama Persebaya selama Liga 1 sampai dengan game ke-16.

  1. Oktafianus Fernando menjadi kapten Persebaya

Selama Liga 1 berlangsung ada beberapa nama yang pernah menjadi kapten skuad Green Force. Rendi Irwan, Misbakus Solikin, Abu Rizal Maulana, dan Fandry Imbiri. Catatan ini bertambah jika pada detik-detik terakhir laga menghadapi Perseru dihitung. Saat itu, Rendi menyerahkan ban kapten kepada Adam Maulana. Belum sempat terpasang di lengan Adam, wasit sudah meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Debut Oktafianus Fernando menjadi kapten tercatat pada 22 Juli 2018 kemarin.

  1. Kapten Persebaya pertama yang terkena kartu merah

Kartu kuning kedua menit ke-40 babak pertama yang diterima Oktafianus Fernando menjadikannya kapten pertama Persebaya yang terkena kartu merah di Liga 1. Catatan kartu merah Persebaya menjadi yang ketiga. Sebelumya adalah diterima Robertino Pugliara saat menghadapi PS TIRA dan Oktafianus Fernando saat melawan Arema FC.

  1. Tiga kapten dalam satu laga Persebaya

Dalam perjalanan 15 laga sebelumnya Persebaya maksimal hanya mengalami perpindahan ban kapten pada dua pemain. Rendi ke Solikin atau Solikin ke Rendi. Juga dari Abu Rizal ke Solikin dan variasi lainnya diantara ketiga pemain. Saat laga kemarin perpindahan diawali dari Oktafianus ke Dutra menit 40. Selanjutnya menit 61 dari Dutra ke Rendi Irwan.

  1. Duet pertama Otavio Dutra dan OK John mulai awal laga
BACA:  Lihat Bonek Penuhi GBT, Fandi Eko Menangis Sebelum Laga

Cederanya Rachmat Irianto, M Syaifudin, dan Andri Muliadi membuat ketiga pemain tidak dibawa ke Magelang. Sementara Fandry Imbiri sedikit kurang fit setelah dalam laga terakhir menghadapi PSMS Medan ditarik keluar sebelum laga usai. Kondisi ini akhirnya menciptakan pasangan duet baru di lini pertahanan Bajol Ijo. Otavio Dutra dan OK John akhirnya mengisi pos bek tengah Persebaya. Ini adalah penampilan pertama kedua pemain berduet sejak awal.

  1. Debut starter Raphael Maitimo dan OK John untuk Persebaya

Bursa transfer periode kedua ini Persebaya telah mendatangkan dua pemain. Raphael Maitimo dan OK John. Kedua pemain telah menjalani debut berlaga sebagai pengganti saat Persebaya mengalahkan PSMS Medan (18/7). Kedua pemain tersebut masuk pada babak kedua saat itu. Dalam laga kemarin, kedua pemain menjalani debut sebagai starter. Bahkan Raphael Maitimo bermain selama 90 menit. Sedangkan OK John ditarik keluar menit 63 karena mengalami cedera.

  1. Abu Rizal Maulana absen untuk pertama kali

Nama Abu Rizal Maulana adalah pemain yang paling konsisten bermain sejak Liga 2. Bahkan sejak laga pertama Persebaya di Liga 1 sampai dengan laga ke 15 nama pemain asli Madura ini belum sekalipun absen. Catatannya cukup mentereng, selalu bermain 90 menit selama 15 laga berturut-turut. Dalam laga menghadapi PSIS Semarang kemarin Abu Rizal hanya duduk di bangku cadangan.

  1. Persebaya pertama kali main di Stadion dr Moch Soebroto

PSIS Semarang mempunyai kandang asli di Stadion Jatidiri di kota Semarang. Di musim Liga 1 ini, stadion kebanggan kota Atlas tersebut masih menjalani renovasi. Dan klub berjuluk Mahesa Jenar memilih kandang stadion dr Moch Soebroto di kota Magelang. Dan untuk pertama kalinya Persebaya bermain di stadion kandang PPSM Magelang.

Facebook Comments