Perseru vs Persebaya: Misi Wajib Menang dengan Pemain Seadanya

Rendi Irwan dikepung pemain Perseru. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Dua kekalahan beruntun dari PSIS Semarang dan Persib Bandung membuat Persebaya terpuruk di papan bawah. Hanya berjarak dua strip dari zona relegasi, Persebaya membutuhkan kemenangan dalam lawatannya ke markas Perseru Serui. Kemenangan tak hanya akan menjauhkan Persebaya dari zona merah. Namun kemenangan juga akan menaikkan moral Bajul Ijo yang kini tengah terpuruk.

Misi meraih tiga poin di Stadion Marora kandang Perseru tentu bukan perkara mudah. Selain ancaman kelelahan setelah menempuh perjalanan jauh dari Surabaya, skuat Persebaya harus berhadapan dengan badai cedera yang menggerogoti kekuatan Green Force.

Lini belakang adalah sektor yang paling rawan. Bek-bek Bajul Ijo tumbang akibat cedera. Pada laga ini, Persebaya tak bisa diperkuat Otavio Dutra, Mokhammad Syaifuddin, Andri Muliadi, dan OK John. Kekuatan lini belakang Bajul Ijo semakin tereduksi karena Fandry Imbiri juga harus absen akibat akumulasi kartu. Tanpa sejumlah bek tengah utamanya, Persebaya akan bertumpu pada Rachmat Irianto untuk menggalang lini pertahanan.

Meski tak bisa memainkan skuat utama, namun Alfredo Vera percaya anak buahnya mampu memberikan kejutan di kandang Perseru. “Saya percaya dengan pemain yang ada, harus kerja keras untuk bisa bawa poin,” tegas pelatih berkebangsaan Argentina tersebut.

Iklan
BACA:  Alfredo: Dua Gol Borneo, Ada Sesuatu Yang Tidak Benar

Sementara itu dari kubu tuan rumah, Perseru Serui juga menargetkan poin penuh untuk menjauh dari zona degradasi. Skuat asuhan I Putu Gede itu punya modal cukup kuat untuk bisa menaklukkan Persebaya di kandang sendiri.

Rekor apik Perseru jika bermain di Stadion Marora akan coba kembali dilanjutkan kala menjamu Persebaya. Pada putaran pertama lalu, tim berjuluk Kuda Laut Jingga tersebut baru menelan satu kekalahan jika bermain di Marora. Apalagi, pada pertemuan pertama di Gelora Bung Tomo lalu, Perseru hanya kalah tipis 0-1 dari Persebaya.

“Kami belajar dari pengalaman, semua tim datang kesini kata orang terkendala perjalanan jauh. Ini berbahaya buat kami. Pengalaman lawan Persija, Persib, dan tim lainnya, mereka sangat militan meskipun datang dari jauh,” ujar Putu Gede.

Nama Silvio Escobar akan menjadi andalan Perseru untuk mendulang tiga poin. Sejauh ini, Escobar telah menunjukkan ketajamannya dengan mengoleksi 5 gol. Sedangkan untuk menjaga pertahanan, Putu Gede akan mengandalkan bek tangguh Donny Monim.

BACA:  Liga Dihentikan, Persebaya Tunggu Keputusan Operator

Walaupun terkenal sulit ditaklukkan di kandang, Perseru bukan berarti tak bisa dikalahkan. Persebaya bisa memanfaatkan buruknya lini pertahanan Perseru untuk bisa mencuri gol. Lini pertahanan memang menjadi masalah tersendiri bagi Perseru. Dari 17 laga, Kunihiro Yamashita dan kolega sudah kebobolan 16 gol. Menghadapi tuan rumah yang punya rapor buruk di sektor pertahanan, Persebaya wajib bermain efektif dan disiplin jika ingin membawa pulang poin dari Serui. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Perseru vs Persebaya

Perseru (4-3-3): Samuel Reimas (PG); Tony Ayomi, Kunihiro Yamashita, Donny Monim, Kelvin Mopi (B); Osmar Filho, Arthur Bonai, Makarius Suruan (T); Yohanis Nabar, Silvio Escobar (C), Ronaldo Meisido (D)
Pelatih: I Putu Gede

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Izaac Wanggai, Rachmat Irianto, Ruben Sanadi (B); Muhammad Hidayat, Misbakus Solikin (C), Robertino Pugliara (T); Riky Kayame, Rishadi Fauzi, Fandi Eko Utomo (D)
Pelatih: Alfredo Vera

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display