Menjaga Amanah Kartu Persebaya Selamanya

87
Pendaftaran Kartu Persebaya Selamanya. Foto: Joko Kristiono/EJ
484Shares

Sinergi antara Persebaya dan Bonek sudah melangkah lebih jauh di pelbagai aspek. Salah satunya adalah program kartu Persebaya Selamanya (PS). Kartu ini sudah digagas oleh Presiden Persebaya Azrul Ananda, Kapolrestabes Surabaya Rudi Setiawan, dan perwakilan bonek saat mengadakan pertemuan beberapa bulan lalu.

Sudah dua minggu ini proses pendaftaran PS baik online via aplikasi smartphone juga offline yang dipusatkan di wisma Persebaya di Karanggayam. PS adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai identitas resmi suporter Persebaya yang berlaku seumur hidup. Ini tertulis di salah satu sisi bentuk fisik kartu PS.

Dengan biaya pendaftaran Rp 20.000 dengan rincian masing-masing Rp 10.000 untuk administrasi dan sisanya dana yang akan dikelola oleh tim independen. Menurut rencana tim ini berasal dari Bonek dan beberapa pihak lain.

Penggunaan dana dari PS sendiri akan dilakukan secara transparan dan akuntable. Menurut rancangan awal penggunaan dana itu di antaranya untuk kegiatan sosial Bonek, operasional saat awaydays, ataupun kegiatan lain yang disepakati bersama. Ini tentu sebuah kemajuan tersendiri untuk Bonek. Sebuah massa besar dan tanpa ada organisasi resmi membentuk sebuah wadah bersama.

Dari informasi yang penulis dapatkan, sudah hampir 50 ribu pendaftar untuk memiliki sebuah kartu PS. Kemudahan pendaftaran dan keuntungan-keuntungan lainnya dengan memiliki kartu tersebut membuat peminatnya sangat besar. Tentu saja rasa memiliki dan kecintaan terhadap Persebaya dalah faktor utama. Di sisi kartu ada juga tertulis #KitaPersebaya. Ini menandakan dan memastikan bahwa semua tentang Persebaya.

Keuntungan lain saat memiliki kartu ini di antaranya adalah mendapatkan potongan di official store dan potongan harga tiket laga kandang. Keuntungan lain akan terus dikembangkan oleh pengelola nantinya. Diperluas tidak hanya tentang Persebaya tetapi ke arah kebutuhan-kebutuhan penting lainnya.

Transparansi dan Amanah

Massa yang besar dan dari pelbagai latar belakang tentu memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Ini tentu semua sudah dipahami. Saat ini euforia pendaftar sangat tinggi. Pendaftar setiap hari bertambah banyak. Tidak hanya dari ratusan komunitas tetapi banyak juga dari ribuan individu yang mencintai Persebaya. Sampai saat ini belum juga dipublikasikan calon ataupun personil yang akan duduk sebagai pengurus dan pengelola kartu PS tersebut. Proses yang matang pasti sudah disiapkan. Pertimbangan dan pelbagai kemungkinan pasti sudah diantisipasi. Publik akan menunggu dengan sabar pengumuman secara resmi tentang pengurus dan pengelola PS ini.

BACA:  Tantangan Besar Misbakus Solikin Sebagai Gelandang Bertahan

Satu hal yang juga wajib disiapkan adalah semacam contact center ataupun akun media sosial untuk arus informasi mengenai PS itu sendiri. Akun medsos nanti berfungsi sebagai humasnya di ranah maya. Tanpa meninggalkan informasi-informasi resmi secara langsung dari pengurus. Tentu saja tetap mempertimbangkan bahwa informasi tersebut haruslah akurat dan benar.

Dana yang dikelola bukan dana yang kecil. Sikap amanah dan transparansi wajib dibutuhkan. Jangan sampai kepercayaan publik disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Musim ini akan menjadi pertaruhan kelancaran dan masa depan kartu PS ini. Sudah seharusnya kepercayaan dan keyakinan bonek untuk menjadi lebih baik benar-benar dimanfaatkan sebenar-benarnya hanya untuk nama Persebaya dan bonek.

Dari Bonek oleh Bonek dan untuk Bonek

Tagline ini juga berlaku untuk kartu PS. Sumber daya Bonek yang sangat besar juga memiliki berbagai macam masalah yang sangat besar pula. Persebaya menyatukan semuanya. Ini bisa menjadi kunci untuk mengurai satu persatu masalah yang dihadapi Bonek saat ini untuk menjadi lebih baik.

Salah satu cara yang sedang berjalan adalah dengan pembuatan kartu PS ini. Pendataan bonek yang disertai dengan sebuah kartu identitas menjadi langkah awal. Kedua adalah pengumpulan dana dari kartu PS ini yang nanti 100% dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan Bonek secara luas.

Harapannya ke depan adalah semua Bonek dan pecinta Persebaya terdata secara resmi. Dengan adanya data tersebut memudahkan banyak hal. Walaupun bukan sebuah organisasi resmi namun adanya perwakilan dari banyak komunitas maupun individu akan memberi banyak informasi yang valid tentang data Bonek itu sendiri.

Saling percaya dan menjaga kepercayaan baik untuk Bonek yang menjadi pengurus maupun yang berada di luar pengurus. Sinergi keduanya haruslah menjadi kekuatan yang menjadi energi besar memandu arah Bonek ke masa datang.

Persebaya sendiri yang sering diucapkan oleh presiden klub Azrul Ananda adalah menginginkan Persebaya yang sustainable. Sementara Bonek melangkah dengan kartu Persebaya Selamanya akan mendukung sinergi klub dengan suporternya tanpa menghilangkan sikap kritis yang membangun.

Yakinlah dengan sinergi yang kuat dan saling menjaga maka Persebaya yang sustainable dan Persebaya Selamanya akan menjadi kenyataan. Persebaya Sampai Kiamat.

Salam satu nyali!

Facebook Comments