Selamat Datang dan Selamat Bekerja, Manajer Persebaya

76
Latihan Persebaya Surabaya. Foto: Joko Kristiono/EJ
382Shares

Kosongnya jabatan manajer tim dalam tubuh Persebaya akan segera terisi. Menurut kabar pengisi jabatan tersebut akan diumumkan hari ini. Sebelum menunjuk manajer tim, PT Liga Indonesia Baru melalui Tigor Shalomboboy mengatakan bahwa setiap tim tidak bisa mengganti manajer dan menunjuk penggantinya di tengah-tengah kompetisi. Hal itu dasari bahwa seorang manajer harus mempunyai sertifikasi dari Liga 1. Sebelum dimulainya kompetisi Liga 1, PT LIB mengadakan workshop bagi semua manajer tim.

Ketentuan tentang hal tersebut dituangkan dalam regulasi. Melalui sekretaris tim Ram Surahman, Persebaya mengatakan tetap akan menunjuk seorang manajer. Karena ini terkait urusan rumah tangga sebuah perusahaan. Alasan ini juga dibenarkan sesuai kebutuhan sebuah perusahaan.

Jika memang nanti dalam sebuah laga manajer baru tersebut tidak bisa duduk di bench pemain maka hal tersebut sebenarnya tidak masalah. Masih ada asisten manajer yang bisa mewakili. Ini sebagai salah satu jalan tengah saja. Untuk sebuah jabatan terpisah antara manajer dan pelatih semestinya berada di pinggir lapangan saat bertanding tidak terlalu signifikan. Urusan teknis semua sudah ditangan pelatih dan asisten pelatih.

Penunjukan manajer sebuah klub memang urusan internal.Begitu juga pendaftaran manajer ke operator liga juga urusan penyelenggara kompetisi. Dengan tidak melanggar aturan yang ada, menurut penulis, Persebaya harus tetap mempunyai seorang manajer tim. Dengan catatan tetap tidak memaksakan diri untuk duduk di bench saat tim bertanding.
Komunikasi yang lancar antara manajer dan asisten manajer yang nanti duduk di sisi lapangan akan menjadi kunci. Sebelum laga dan saat jeda bisa digunakan manajer baru untuk berkomunikasi jika memang diperlukan. Hal-hal yang sifatnya non teknis biasanya yang akan dikelola oleh seorang manajer tim.

Untuk manajer tim yang baru, selamat menjalankan amanah besar ini. Jangan malu belajar dengan beberapa mantan manajer Persebaya sebelumnya. Bahkan juga kepada Chairul Basalamah, manajer tim terakhir. Berikan yang terbaik untuk Persebaya. Lakukan dengan profesional dan sungguh-sungguh. Sekedar saran saja, jadilah orang di balik layar saja. Tidak perlu banyak berkomentar hal teknis kepada umum. Serahkan semua hal teknis untuk disampaikan ke khalayak melalui tim pelatih. Persebaya menunggu sentuhan tangan dingin anda.
Bisa saja duduk di bench dengan didaftarkan sebagai kitman. Tapi janganlah, jaga martabat Persebaya!

Salam satu nyali!

Facebook Comments