Persebaya vs Mitra Kukar: Menunggu Kemenangan Perdana Bersama Djanur

67
Djajang Nurjaman. Foto: Persebaya.id
Shares

EJ – Dua laga awal Djadjang Nurjaman bersama Persebaya dilalui dengan hasil yang kurang maksimal. Takluk dari PS TIRA di pertandingan debutnya sebagai nakhoda anyar Green Force, Djadjang kemudian hanya mampu membawa Rendi Irwan dan kawan-kawan meraih hasil imbang ketika melawat ke markas Sriwijaya FC. Kini, menjamu Mitra Kukar di kandang sendiri, Djadjang Nurjaman punya kesempatan untuk mempersembahkan kemenangan perdana bagi publik Surabaya.

Bagi Persebaya, poin penuh pada laga Liga 1 pekan ke-23 sudah tidak bisa ditawar lagi. Bajul Ijo sudah terlalu sering kehilangan poin di kandang sendiri. Menghadapi Mitra Kukar yang kini berada di peringkat ke-11 klasemen Liga 1, Persebaya kembali dihadapkan pada misi wajib menang.

Djadjang Nurdjaman punya bekal lebih dari cukup untuk mempersembahkan kemenangan perdana bagi Persebaya. Dua hasil buruk pada pertandingan sebelumnya tentu sudah menjadi bahan evaluasi pelatih yang akrab disapa Djanur tersebut.

Persoalan finishing yang sebelumnya menjadi masalah bagi Persebaya nampaknya sudah teratasi. David da Silva semakin tajam. Osvaldo Haay juga terus menunjukkan perkembangan positif. Pekan lalu Valdo ikut menyumbang 1 asis ketika Persebaya menahan imbang Sriwijaya FC. Meski kini Persebaya tengah tajam, namun Djanur tak boleh jumawa. Pasalnya, di balik ketajaman lini depan Bajul Ijo, Djanur dihadapkan masalah pelik di sektor pertahanan.

Kebobolan 5 gol dalam 2 pertandingan tentunya bukan catatan yang bagus bagi Persebaya. Menjamu Mitra Kukar, Djanur harus menentukan formula yang tepat untuk membendung serangan Naga Mekes. Apalagi, pada laga ini bek-bek Bajul Ijo akan berhadapan dengan penyerang paling mematikan di Liga 1, Fernando Rodriguez.

Rodriguez yang sudah mengoleksi 15 gol merupakan mimpi buruk Persebaya pada pertemuan pertama lalu. Bomber berkebangsaan Spanyol itu ikut menyumbang dua gol dalam kemenangan 3-1 Mitra Kukar atas Persebaya di Stadion Aji Imbut. Rodriguez pun berambisi untuk mengulangi catatan apiknya pada laga kali ini.

BACA:  Alfredo: Ada Momen yang Bikin Rusak Tim

Ambisi yang sama juga diusung oleh Rahmad Darmawan. Pelatih yang dipercaya menggantikan posisi Rafael Berges itu bertekad melanjutkan tren kemenangan Mitra Kukar setelah pekan lalu mampu menaklukkan Persipura Jayapura.

Namun ditengah kepercayaan diri usai menang atas Persipura, Rahmad juga harus waspada. Pasalnya, dua laga tandang terakhir Mitra Kukar selalu berujung kekalahan. Performa buruk Naga Mekes di kandang lawan inilah yang coba dihapus oleh Rahmad Darmawan.

Duel Persebaya kontra Mitra Kukar akan menjadi duel dua tim yang sama-sama sedang mengejar kemenangan. Persebaya wajib menang untuk menjauh dari zona degradasi. Sedangkan Mitra Kukar membidik kemenangan di Gelora Bung Tomo untuk mendongkrak posisi mereka yang ingin menembus 10 besar.

Dihadapkan pada misi wajib menang, Rendi Irwan dan kolega tak boleh mengulangi lagi permainan loyo seperti saat mereka dipermalukan PS TIRA. Ketenangan dan kesabaran dalam membongkar pertahanan lawan akan menjadi faktor kunci menaklukkan Mitra Kukar. Selain itu, lini pertahanan Bajul Ijo juga tak boleh kehilangan fokus. Jika bek-bek Persebaya tidak tampil prima sepanjang laga, bisa-bisa Fernando Rodriguez kembali menghukum Bajul Ijo. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs Mitra Kukar

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, OK John, Andri Muliadi, Ruben Sanadi (B); Muhammad Hidayat, Misbakus Solikin (C), Robertino Pugliara (T); Irfan Jaya, David da Silva, Osvaldo Haay (D)
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Mitra Kukar (4-2-3-1): Yoo Jae-hoon (PG); Saepulloh Maulana, Mauricio Leal, Bobby Satria, Rendi Siregar(B); Bayu Pradana (C), Danny Guthrie (T); Dedi Hartono, Septian David Maulana, Hendra Bayauw (T); Fernando Rodriguez (D)
Pelatih: Rahmad Darmawan

Facebook Comments