Jangan Bangga Menyanyikan Lagu-Lagu Rasis

Foto: Chandsoe/EJ
Iklan

Sepak bola hakikatnya adalah penguat dan pemersatu bangsa. Sudah beberapa kali sepak bola kita menunduk lagi akibat tewasnya salah satu suporter. Semua seantero negeri mengelus dada, apalagi melihat video yang tersebar saat terjadinya perlakuan barbar. Menjadi suporter bukan ajang perkelahian dan minta diakui kehebatannya di kandang rival.

Suporter adalah pendukung sejati klub yang ia cintai. Tanpa ia meminta, merekalah yang akan maju pertama di kala klub yang ia cintai dibumihanguskan federasi. Tidak apa mereka berlapar-lapar tanpa makan asal sudah masuk stadion dan meneriakkan dukungan untuk klubnya.

Di Indonesia, menjadi suporter adalah suatu hal yang bisa dibilang membanggakan. Apalagi bisa menemani timnya sampai ke pertandingan-pertandingan yang jauh (awaydays). Tapi menjadi suporter tidaklah mudah seperti orang lihat. Contohnya seperti Bonek. Suporter ini sudah tidak diragukan lagi kapasitasnya untuk mendukung tim kebanggaan mereka, yakni Persebaya. Mereka berbondong-bondong datang dari semua penjuru nusantara agar bisa melihat timnya berlaga. Bak melihat pujaan hati yang didambakan, mereka rela tidak bekerja dan menempuh jarak jauh agar bisa melihatnya.

Menjadi Bonek tidaklah mudah, perlu kesabaran ekstra dan penalaran bagus. Mereka sering di-cap tidak baik oleh semua elemen masyarakat. Tapi seiring berjalannya waktu, mereka tidak serta merta seperti itu. Banyak hal positif yang mereka lakukan yang “luput” dari pemberitaan awak media. Sayangnya media masih terlalu enggan menceritakan kebaikan mereka. Media lebih senang Bonek dijadikan headline news yang menceritakan keburukan. Bonek menjadi “sexy” jika sedang rusuh. Itu pengelihatan media selama ini.

Iklan

Tak hentinya memupuk kebaikan, Bonek sudah berjalan dan beranjak perlahan meninggalkan semua yang berkonotasi negatif. Tapi semua butuh proses dan memang tidak semudah itu membangun image baik. Kita sudah mulai berbenah dalam hal apapun. Sudah bukan zamannya lagi suporter bangga menyanyikan lagu/chant bertemakan “pembunuhan” dan rasis terhadap klub lain. Jadilah suporter yang dengan bangga dan elegan mencintai klub dengan hati masing-masing. Menjadi suporter yang tidak merugikan tim dengan hal apapun yang tidak sesuai regulasi. Menjadikan orang di sekitar anda bangga bahwa suporter sejati adalah yang mendukung tim yang tidak merugikan orang lain. Semoga menjadi refrensi dan motivasi untuk saling mengingatkan satu sama lain.

Bonek Wani Berubah!
Salam Satu Nyali! Wani!

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display