Empat Hal Yang Bisa Dilakukan Bonek Saat Liga 1 Dihentikan Sementara

Foto: Chandsoe/EJ
Iklan

EJ – Bonek yang ingin mendukung Persebaya di kompetisi Liga 1 harus menunda keinginannya. Kompetisi kasta teratas itu dihentikan sementara oleh operator PT Liga Indonesia Baru (LIB) buntut tewasnya suporter Persija di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). PT LIB belum memastikan kapan penundaan kompetisi berakhir.

Ketidakjelasan kapan laga dimulai lagi membuat sebagian pendukung klub termasuk Bonek kecewa. Terlebih lagi bagi sebagian yang telah membeli tiket pertandingan, memesan hotel dan transportasi menuju stadion. Namun, Bonek harus tetap bersabar menunggu kepastian jadwal Persebaya.

Sembari menunggu, Bonek bisa melakukan beberapa hal positif untuk mengisi waktu luang. Empat hal ini bisa dilakukan Bonek saat kompetisi dihentikan.

  1. Mendukung Tim Junior Persebaya

Meskipun Liga 1 ditunda, namun kompetisi kelompok umur masih berjalan. Beberapa kompetisi junior kelompok umur untuk peserta Liga 1 digelar antara lain Liga 1 U-16 dan Liga 1 U-19. Persebaya U-16 saat ini sedang berjuang di kompetisi Liga 1 U-16 yang berlangsung di Stadion AAL Bumimoro, Surabaya. Sementara Persebaya U-19 juga mengikuti kompetisi Liga 1 U-19 yang berlangsung di Bali. Ini saat yang tepat buat Bonek untuk mendukung tim junior. Bagaimana pun mereka juga membawa nama besar Green Force. Dukungan total Bonek akan mendorong semangat para pemain untuk berjuang mengharumkan nama Persebaya.

Iklan
  1. Mendukung Timnas Indonesia

Selain mendukung Persebaya, Bonek juga punya kewajiban mendukung Timnas Indonesia. Meski agenda uji coba Timnas senior belum ada, namun Timnas Junior yakni U-16 dan U-19 telah mengikuti turnamen internasional. Timnas U-16 tengah berjuang di Piala AFC U-16 yang diadakan di Malaysia. Mereka berpeluang lolos ke Piala Dunia U-17 di Peru. Sementara Timnas U-19 sedang berjuang di turnamen internasional dalam rangka HUT PSSI ke-88. Pertandingan Timnas U-19 dilaksanakan di Stadion Pakansari, Bogor.

  1. Mengisi waktu dengan hal-hal menyenangkan seperti bermain game online

Jika sedang tidak ada pertandingan, bermain game online tentu menyenangkan. Ada beberapa pilihan game online yang bisa dimainkan melalui smartphone. Game-game dari Iconwin di antaranya sports, poker dan domino, slots bisa mengisi waktu luang menjadi semakin menyenangkan.

  1. Menyiapkan stamina untuk mendukung Persebaya

Mendukung Persebaya membutuhkan stamina yang kuat. Saat kompetisi berlangsung, Bonek dituntut untuk mendukung tim secara positif seperti pergi ke stadion, menyanyikan chant-chant dukungan, atau pun berteriak saat gol Persebaya tercipta. Hal ini bisa membuat stamina berkurang jika dilakukan setiap minggunya. Jika dipandang secara positif, penundaan ini akan membuat tenaga seperti diisi ulang. Saat kompetisi dimulai lagi, stamina Bonek bisa kembali normal sehingga akan lantang mendukung Persebaya. (adv)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display