Sukses di Tahun Perdana, Bonek Academy Harus Jadi Agenda Rutin

64
Acara Bonek Academy hari kedua. Foto: Rizka Putra Perdana for EJ
259Shares

EJ – Bonek Academy 2018 yang diselenggarakan Kapal Api sukses menarik lebih dari seribu peserta. Dengan beberapa perbaikan, even yang berisi berbagai kreativitas Bonek itu harus jadi agenda rutin tahunan.

Tercatat di tahun ini, ada lima lomba di Bonek Academy. Kelimanya adalah lomba cover anthem Persebaya, standup comedy, desain merchandise, kreasi kreasi resep kuliner dan kopi, serta fotografi.

Jika dijumlah, peserta ketujuh lomba itu mencapai angka seribu lebih. Padahal rangkaian lima lomba yang ada baru diselenggarakan pertama kali tahun ini. Tahun lalu panitia dari Kapal Api hanya melombakan cover anthem Persebaya.

“Tahun ini kami akan pilih 10 terbaik untuk tampil di Bonek Fair, insyaAllah sama seperti tahun lalu kami kasih modal usaha,” ujar Ferdinand Tand, Brand Manager Kapal Api.

Acara Bonek Academy hari kedua. Foto: Rizka Putra Perdana for EJ

Meriah di Hari Kedua

Pada hari kedua Bonek Academy, Minggu (28/10), pengunjung masih tetap silih berganti mengunjungi venue utama di Atrium Ciputra World, Surabaya. Even dibuka pukul 13.00 WIB dengan penampilan beberapa Bonek Idol (cover anthem Persebaya).

Pengunjung yang mayoritas anak muda itu semakin antusias ketika mengikuti workshop dengan tema “Kiat Sukses Memulai Usaha” dan “Teknik Fotografi Dasar Untuk Sosial Media”.

Apalagi panitia menghadirkan pembicara yang memang ahli di bidangnya. Pada workshop memulai usaha dihadirkan Cak Cong (Warkop Pitulikur) dan Herno Sunarno (Brand Manager Cak Cuk Surabaya).

Berawal dari usaha kecil-kecilan baik Warkop Pitulikur dan Cak Cuk berhasil mengembangkan usaha. “Saya kerjakan warkop di rumah berawal dari petak 3×6 bertambah hingga kini 18×18,” ujar Cak Cong.

Selain itu ada juga workshop fotografi yang menghadirkan Yuyung Abdi, pewarta foto Jawa Pos dan Mamuk Ismuntoro. Keduanya membagi pengalaman serta tips untuk mengelola foto yang layak ditampilkan di media sosial.

BACA:  Sumringahnya Para Pemenang Golden Ticket di Bonek Academy

Menginjak pukul 5 sore, suasana semakin hangat dengan games seru yang dibuat oleh MC. Pengunjung juga makin ramai berkunjung ke stan “Pasar Bonek”. Acara Bonek Academy akhirnya ditutup pukul 8 malam dengan acara awarding peserta.

Acara Bonek Academy hari kedua. Foto: Rizka Putra Perdana for EJ

Harus Berlanjut Tahun Depan dengan Lebih Semarak

Bonek Academy tahun ini bisa dikatakan cukup sukes. Baik pengunjung, juri dan semua pihak yang terlibat ingin agar even ini bisa berlangsung tiap tahun.

“Kita sedang membangun image positif Bonek dan lomba-lomba ini mengakomodir teman-teman Bonek, meski acara ini dari sponsor (Kapal Api), tidak ada salahnya,” ujar Obed Bima Wicandra, dosen DKV UK Petra.

“Bonek Academy sangat menarik tapi mungkin lebih diperluas scopenya, misal banyak melibatkan generasi dibawah, bonek-bonek cilik, siapa tahu mereka juga punya hobi menarik dan bisa diakomodir,” kata Obed.

Sementara itu, Gatot Hari Cahyono, peserta lomba Kreasi Barista Kopi dan Kreasi Resep Kuliner berharap kualitas even ini bisa meningkat. “Tiap tahun harus ada peningkatan, misal sekarang sudah bagus tapi tahun depan juri harus cari lebih bagus lagi,” ujarnya.

Salah satu tokoh Bonek, Andie Peci juga mengapresiasi kegiatan yang berlangsung dua hari itu. “Aktivitas semacam ini bagus untuk perkembangan Bonek kedepan artinya seimbang tidak hanya support dalam stadion tapi ada kegiatan yang sifatnya kreatif positif,” ujarnya.

“Acara Bonek Academy harus terus berlanjut dan berjalan secara terus menerus, tapi tentunya dengan konsep yang berbeda supaya pengunjung lebih antusias,” ujarnya. (riz)

Acara Bonek Academy hari kedua. Foto: Rizka Putra Perdana for EJ
Facebook Comments