Kalahkan PSM, Persebaya Tim Pembegal Calon Juara

Feri Pahabol. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya layak didapuk sebagai tim pembegal calon juara Liga 1 2018. Setelah mengalahkan Persib dan Persija, kini giliran PSM yang menjadi korbannya. Green Force berhasil menakhlukkan sang pemuncak klasemen, PSM Makassar.

Persebaya menurunkan the winning team saat mengalahkan Persija dengan M Syaifudin tetap menempati bek kanan. Osvaldo Haay tetap dipercaya sebagai striker.

PSM bermain solid di awal babak pertama. Paulle dan Abdur Rahman menjadi tembok tangguh tim Juku Eja. Selama 25 menit babak pertama, permainan masih berimbang. Tidak ada peluang berbahaya yang didapat kedua tim. Tercatat hanya dua tendangan yang tidak tepat sasaran oleh Osvaldo.

Memasuki menit 31, pelanggaran Dutra terhadap Pluim tepat di lingkaran tengah menghasilkan kartu kuning. PSM bermain lebih bertahan. Persebaya mendapatkan peluang melalui aksi Ruben Sanadi. Sayang tendangannya masih lemah. Bola tendangannya mampu diamankan Rivky Mokodompit.

Iklan

Terus menyerang Persebaya memperoleh gol melalui Feri Pahabol. Gol ini menit ke 40 itu lahir setelah terjadinya blunder dari Paulle. Sebuah back pass Paulle dengan kepala ke penjaga gawang diserobot Pahabol. Persebaya berhasil unggul 1-0.

BACA:  Coach Djanur yang Suka Merendah

Unggul satu gol membuat pemain Green Force bermain lebih percaya diri. Tambahan waktu 1 menit babak pertama tidak ada lagi gol yang tercipta. Babak pertama Persebaya unggul 1-0.

Tertinggal 1 gol, PSM langsung memasukkan Ferdinand Sinaga di babak kedua. Mantan pemain Persib ini menggantikan Wasyiat Hasbullah.

Peluit babak kedua dimulai anak-anak Juku Eja langsung agresif. Arfan dan Rasyid Bakri lebih keluar menyerang. Persebaya masih memainkan pola yang sama di babak pertama.

Menit 51, Ferdinand hampir saja membobol gawang Miswar. Satu sapuan kaki kirinya berhasil dengan gemilang diblok Imbiri. Oktafianus memperoleh peluang emas menit 58. Tendangannya masih bisa ditepis Rifky.

Suara bonek bergemuruh saat waktu memasuki menit 60. David da Silva yang lama absen masuk menggantikan pencetak gol Feri Pahabol. David langsung menempati posisi striker. Sedangkan Osvaldo sedikit bergeser ke posisi sayap.

BACA:  Feri Pahabol Sudah Feeling Bola Akan Diumpan ke Kiper

Tidak lebih dari 10 menit setelah masuk , David langsung beraksi. Satu sprint beradu cepat dengan Paulle diakhiri tendangan kaki kanan keras menembus gawang PSM. Gol menit 67 menjadi gol ke-17 musim ini. Persebaya menambah keunggulan menjadi 2-0.

Rene Alberts langsung mengganti Guy Junior dengan Agi Pratama untuk menambah daya gedor. Persebaya unggul dua gol justru semakin menyerang.

Memasuki menit 82, Djadjang Nurdjaman mengganti Rendi Irwan dengan OK John. Masuknya mantan pemain Madura United ini untuk memperkuat lini tengah.

Menit ke-89 Persebaya menambah keunggulan melalui Fandry Imbiri. Sebuah umpan dari Ruben Sanadi dari tendangan bebas berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Fandry. Gol ini meruntuhkan mental pemain PSM.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan untuk Persebaya. Peringkat Persebaya langsung naik ke posisi 9 dengan 41 poin. Laga selanjutnya, Persebaya akan melawat ke Gianyar menghadapi Bali United di pekan ke-31. (bim)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display