Apa Tujuan Ritual Persebaya Berkumpul Melingkar Saat Jeda Pertandingan?

256
Pemain Persebaya saat jeda pertandingan. Foto: Rizka Perdana Putra for EJ
689Shares

EJ – Berkumpul melingkar sebelum laga dimulai sudah sering dilakukan beberapa tim sepakbola. Tapi tak banyak yang melakukannya ketika pertandingan babak pertama atau babak kedua berakhir.

Salah satunya dilakukan Persebaya. Dalam beberapa laga terakhir, para pemain Persebaya selalu berkumpul melingkar di tengah ketika pertengahan babak. Lalu apa yang sebenarnya dibicarakan pemain ?

“Itu kami saling mengingatkan saja, selesai babak pertama selalu kumpul untuk menjaga motivasi dan mengingatkan teman-teman,” ujar wakil kapten Persebaya, Misbakus Solikin.

Namun batas mengingatkan itu menurut Mis dilakukan secara wajar. “Kami tidak selalu menyalahkan tapi selalu mengingatkan selalu kasih motivasi,” ujar pemain asal klub internal Persebaya, Al Rayyan itu.

Nah, komunikasi intens sebelum, selama dan sesudah pertandingan itu yang menjadi salah satu kunci Persebaya bisa memenangkan pertandingan. “Komunikasi sangat penting buat teman-teman, karena itu kami selalu komunikasi di pertandingan,” ujarnya.

Bek Persebaya, Otavio Dutra di kesempatan terpisah juga pernah mengungkapkan jika seluruh tim berkumpul seusai kekalahan melawan Borneo FC 0-1 di kandang sendiri Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (13/10).

Seusai laga melawan Borneo FC itu Persebaya berhasil meraih empat kali kemenangan lawan Persib Bandung, Madura United, Persija Jakarta dan PSM Makassar dan hanya sekali kalah melawan Persipura Jayapura. (riz)

Facebook Comments
BACA:  Rian dan Andri Mulai Berlatih, Alfredo Akui Persib Tim Bagus