Rapor Amido Balde di Laga Perdana Bersama Persebaya

Amido Balde/Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Sabtu (16/2) sore, Amido Balde telah menjalani pertandingan resmi pertamanya di Indonesia melawan Persinga Ngawi di Babak 32 Besar Piala Indonesia 2018/19. Pada laga yang ditonton oleh 35000 pasang mata ini, Persebaya Surabaya menggunduli tim tamu delapan gol tanpa balas.

Yang menarik adalah ini debut Amido Balde, pemain internasional Guinea-Bissau. Bermain hingga menit ke-71, sore ini dia mencetak empat gol. Ya… quarttrick di laga perdana dan resmi! Pencapaiannya ini menyamai rekor Jacksen F. Tiago dan David da Silva. Dua striker asing asal Brasil yang sama-sama pernah mencetak empat gol di satu laga resmi Persebaya.

Pencapaian ini terhitung istimewa. Sebab Balde baru berlatih bersama tim ini di tanggal 5 Februari silam. Yang artinya dia baru berlatih bersama tim selama sebelas hari. Memang sih lawan yang dihadapi bukan lawan yang kuat. Tapi mencetak gol sebanyak itu di partai perdana dan dimainkan di kandang sendiri tentu bukan sesuatu yang mudah bukan?

BACA:  Transfer Amido Balde, Pembuktian Bagi Dirinya dan Djanur

Tiga dari empat gol Balde dicetak melalui sundulan. Tak heran, dengan tinggi badan 193 cm, Balde tak kesulitan mencetak gol dengan skema seperti ini. Dan keempat gol ini dicetak melalui skema serangan tertata. Bukan melalui skema bola mati. Yang menarik adalah gol ketiga yang dicetak melalui tendangan drive kaki kanan. Tendangan keras dilepaskan dari sudut sempit memaksimalkan umpan dari Hansamu.

Iklan

Tapi tak ada gading yang tak retak. Kendati mencetak empat gol sore hari ini, Amido Balde masih diliputi beberapa kekurangan. Pertama: keinginan untuk merebut bola yang kurang. Dan kedua: ketika membawa bola, mudah sekali dipatahkan oleh bek-bek lawan. Ini masih baru lawan kelas Liga 3 yang dihadapi. Bagaimana besok jika yang dilawan adalah sesama penghuni Liga 1?

BACA:  Balde Angin-Anginan, Djanur: Jangan Bandingkan dengan DDS

Orang-orang boleh mengatakan pemain bernomor punggung sembilan ini mirip seperti Peter Crouch, Oliver Bierhoff, Nwankwo Kanu, atau bahkan Jan Koller. Tapi jika kekurangan tersebut belum diperbaiki, maka jangan panggil Balde Fox In The Box lagi!

Statistik Amido Balde vs Persinga Ngawi:

Minutes Played: 71
Touches: 22
Shoot on target: 4
Shoot off target: 1
Heading Won: 3
Goals: 4

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display