Damian Lizio, Calon Pengganti Sempurna Robertino

58
Damian Lizio (kanan) bersama agennya, Gabriel Budi. Foto: EJ
409Shares

EJ – Persebaya resmi melengkapi slot pemain asingnya dengan merekrut Damian Lizio. Gelandang berkewarganegaraan Bolivia sudah diumumkan menjadi bagian dari skuad Bajol Ijo, Rabu (20/2/2019). Jebolan akademi River Plate tersebut diproyeksikan bakal menggantikan posisi dari Robertino Pugliara yang kontraknya tidak diperpanjang oleh Persebaya akibat cedera parah yang didapatnya musim lalu saat melawan Borneo FC.

Damian Lizio dianggap sebagai sosok pengganti yang sempurna bagi Robertino. Hal tersebut dikarenakan curriculum vitae dari Lizio yang mentereng. Damian Lizio merupakan jebolan akademi River Plate, salah satu tim terbesar di Argentina yang tahun lalu menjuarai Copa Libertadores keempatnya. River Plate dikenal sebagai produsen pemain berbakat. Pablo Aimar, Hernan Crespo, Radamel Falcao, Gonzalo Higuain, Erik Lamela, dan Javier Mascherano adalah beberapa pemain yang satu almamater dengan Lizio.

Dengan pengalaman tersebut, sudah tentu Damian Lizio merupakan pemain yang berbakat. Ditambah lagi ia pernah memperkuat timnas Argentina U-20 pada saat belia. Meskipun, ia hanya sempat bermain tiga kali di tim senior River Plate karena ketatnya persaingan di lini tengah River Plate saat Lizio berada disana.

Setelah bermain di River Plate, Lizio berbagai klub di Amerika Selatan, Eropa ataupun Asia dengan memperkuat beberapa klub seperti Botafogo (Brazil), Cordoa CF (Spanyol) dan Al-Arabi (Kuwait). Pengalamannya bermain di berbagai benua sudah tentu menjadi nilai plus baginya. Pada 2014 ia memilih melepaskan kewarganegaraan Argentina dengan memilih bermain untuk timnas Bolivia. Lizio juga sempat membela timnas Bolivia pada Copa America 2015 lalu. Total ia memiliki 11 caps dengan timnas Bolivia.

Berbekal segudang pengalaman tersebut tentunya sudah cukup bagi Lizio untuk meyakinkan Bonek bahwa ia merupakan pengganti yang sepadan atau bahkan lebih baik dari Robertino Pugliara. Ditambah lagi, dengan melihat video-video highlights Lizio di youtube akan semakin membuat Bonek berharap banyak ke Lizio akan kemampuan yang dimilikinya. Nilai plus lain adalah usia Lizio yang tahun ini akan berusia 30 tahun lebih muda dari Robertino yang tahun ini berusia 35 tahun.

BACA:  Akhiri Musim Ini dengan Kemenangan, Persebaya

Karena Bonek sudah berharap, kini tinggal Lizio yang menentukan apakah ia berhasil memenuhi ekspetasi Bonek atau justru ia malah terbebani oleh ekspetasi tersebut. Bienvenido Lizio, Selamat datang di Surabaya! (mni)

Facebook Comments