Pemanggilan Tiga Bek ke Timnas, Kembalinya Duet Andri dan Syaifudin

304
M Syaifudin / Foto : Joko Kristiono/EJ

Simon McMenemmy, pelatih Timnas Indonesia sudah memanggil pemain untuk laga FIFA matchday untuk laga menghadapi Myanmar 25 Maret 2019. Sebanyak 27 nama dipanggil untuk melakukan pemusatan latihan di Perth Australia 6-17 Maret.

Dari 27 nama terdapat tiga nama dari Persebaya, yakni kapten tim Ruben Sanadi, Hansamu Yama, dan Otavio Dutra. Dutra dipanggil karena proses menjadi Warga Negara Indonesia sudah hampir selesai. Tiga pemain tersebut merupakan pemain utama yang sudah turun bersama saat Persebaya mengalahkan Persinga Ngawi Sabtu (16/2/2019) lalu.

Opsi Duet Tembok Tangguh Liga 2 2017

Hansamu Yama dipastikan tidak akan mengikuti TC di Australia meminta izin untuk menikah. Besar kemungkinan, ia akan bergabung saat TC kedua di Bali mulai 21 Maret 2019. Sementara Dutra dan Ruben langsung bisa bergabung ke Timnas.

Persebaya musim ini mempunyai bek tengah sebanyak lima pemain. Selain Dutra dan Hansamu, masih ada Rachmat Irianto, Andri Muliadi, dan M Syaifudin. Rian saat ini masih membela Timnas U-22 di Piala AFF Myanmar. Jadi opsi bek tengah murni bagi Djadjang Nurdjaman dan tim pelatih menyisakan dua nama.

Andri dan Syaifudin adalah dua nama yang sudah bersama sejak awal 2017 saat masih di Liga 2. Duet mereka ditambah Fandri Imbiri saat itu sangat tangguh. Kualitas keduanya sudah teruji. Andri adalah jebolan pemain asal Aceh yang sempat mendapatkan pelatihan di Paraguay. Sedangkan Syaifudin adalah alumni tim SAD yang berlatih di Uruguay.

Kembalinya Syaifudin yang musim 2018 banyak menempati posisi bek kanan akan membuat Abu Rizal “Rodeg” Maulana atau Rodeq mempunyai peluang bermain. Dan menggeser Novan Sasongko menempati posisi Ruben Sanadi. Formasi Rodeg dan Novan sudah dicoba saat bermain di Gorontalo (19/2).

BACA:  Milomir Seslija: Ini Laga Derby, Pasti Akan Berbeda

Piala Indonesia dan Piala Presiden Ajang Uji Formasi

Dua turnamen pramusim Piala Indonesia (PI) dan Piala Presiden (PP) saat ini sedang dan akan diikuti oleh Persebaya. Saat beberapa pemain dipanggil untuk tugas negara maka ada nilai positifnya bagi klub. Yakni mencoba berbagai formasi pemain di beberapa posisi yang ditinggal pemain ke Timnas.

Sabtu ini (23/2), Persebaya akan menjamu Persidago Gorontalo dalam leg kedua PI babak 16 besar. Pada leg pertama Persebaya berhasil mengalahkan tuan rumah dengan skor telak 4-1. Damian Lizio pemain asing baru Persebaya besar kemungkinan akan menjalani debut dalam laga tersebut.

Minggu depannya awal Maret akan dimulai ajang PP. Persebaya akan bermain di Bandung menghadapi PS TIRA Persikabo, Persib Bandung dan Perseru. Perseru dikabarkan akan mudur. Tetapi belum ada kepastian tentang kabar tersebut. Dalam gelaran dua turnamen tersebut bisa jadi kesempatan pula untuk para pemain muda dari Persebaya U-19 dan PS Kota Pahlawan yang didaftarkan sebagai skuad resmi.

Ayo Andri dan Udin, Wani.

Komentar Artikel