Piala Presiden 2019, Saatnya Persebaya Naik Level

98
Amido Balde. Foto: Joko Kristiono/EJ
998Shares

Anda pernah mencoba kudapan ringan bernama Maicih? Keripik berbumbu pedas yang memiliki tingkatan level pedas ini adalah salah satu produk lokal yang berkantor pusat di Bandung, Jawa Barat. Dulu di sekitar 2011, produk dengan merek ini sangatlah booming di seluruh Indonesia.

Sama halnya dengan Persebaya yang sudah berada di Kota Kembang ini sejak kemarin (28/2) dalam rangka mengikuti Turnamen Piala Presiden 2019. Bagi seluruh skuat Persebaya, mengikuti turnamen ini seperti merasakan level selanjutnya dalam bermain sepak bola. Bagaimana tidak, di tiga pertandingan sebelumnya pada ajang Piala Indonesia 2018/19, Ruben Sanadi dkk menemui lawan yang relatif mudah dari klub-klub Liga 3. Pengibaratannya kalau dari level 1 sampai dengan level 10, Tim Bajul Ijo masih menghadapi lawan-lawan level 3. Hasil akhir dengan skor besar mencerminkan hal ini.

Nah di ajang tahunan Piala Presiden 2019 ini besok, Persebaya bakal menghadapi musuh-musuh yang jelas lebih sulit dan tangguh. Ditempatkan di Grup A, Persebaya bakal menghadapi Perseru Serui, tuan rumah Persib Bandung dan TIRA-Persikabo. Di atas kertas, Persebaya bersama rival klasiknya, Persib dijagokan lolos babak selanjutnya. Namun di babak selanjutnya tentunya lawan-lawan yang lebih berat sudah menanti.

Siapa pun lawannya nanti, sudah seharusnya (dan pastinya) skuat Persebaya menyikapinya dengan serius. Karena setiap pertandingan adalah ajang untuk melatih kekompakan tim. Di saat yang bersamaan tim ini bakal ditinggal tiga pemain pilar lini belakang (Hansamu, Dutra dan Ruben) untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia di Australia. Bagi sebagian orang menganggap hal ini (kehilangan pemain belakang) adalah kerugian besar, tapi menurut saya di sinilah saat yang tepat untuk menguji kedalaman skuat Persebaya sebelum masuk ke level selanjutnya yang sebenar-benarnya: Liga 1 2019! Tapi tenang saja, hilang tiga pemain, muncullah dua pemain yang baru saja mempersembahkan gelar juara Piala AFF U-22 2019: Osvaldo Haay dan Rachmat Irianto.

BACA:  Motivasi dari Lapangan Karanggayam

Sekarang, mari kita dukung perjuangan Persebaya Surabaya di ajang Piala Presiden esok ini. Selamat tret tet tet bagi dulur-dulur Bonek yang menonton langsung di Stadion Jalak Harupat, Bandung. Jaga ketertiban dan keamanan selama disana Rek! Dan semoga Tim Bajul Ijo mampu meraih hasil terbaik di Piala Presiden 2019. Aamiin! (dpp)

Facebook Comments