Bonek, Bondho, No Nekat

160
Foto: Joko Kristiono/EJ
1420Shares

Jika di dunia jurnalistik, ada istilah Tidak Ada Berita Seharga Nyawa. Maka, bolehlah saya membuat istilah untuk sepak bola Indonesia dengan Tidak Ada Awayday Ditukar Nyawa.

Kematian salah satu kawan Bonek, kala awayday di Bandung yang lalu, menjadi catatan buram yang belum tuntas untuk sepak bola Indonesia. Tidak saja Persebaya, tetapi seluruh pencinta sepak bola diseluruh tanah air. Bela sungkawa rasanya tidak cukup untuk menyelesaikan permasalahan ini. Harus diperbaiki agar kejadian serupa tidak terulang kembali demi sepak bola Indonesia.

Jika benar Bonek itu Bondho Nekat, maka nekat seperti apa yang dimaksud? Nekat berangkat awayday nggandol truk, estafetan? Apa itu yang dinamakan nekat? Terus gue harus bilang wow jika Bonek sudah nekat?

Saya memahami betul keinginan kawan-kawan Bonek yang ingin mendatangi langsung stadion saat Persebaya away ke luar kota. Tapi alangkah baiknya direncanakan dengan persiapan yang sangat matang. Jika awayday sampai merenggut korban jiwa itu bukan nekat, itu gila.

Bonek itu bondho, bondho TIDAK SEKEDAR URUSAN UANG saja, tapi banyak hal. Bondho itu tentang kesiapan diri seperti kesehatan, akomodasi, transportasi, dan tiket masuk stadion. Kesiapan mulai berangkat sampai kembali pulang ke rumah lagi. Semua harus dipersiapkan dengan baik. Ingat, awayday itu bertamu ke kota orang, jangan merepotkan apalagi sampai bikin gaduh.

Maka nekat, itu tentang berangkat jiwa raga mendukung Persebaya. Tanpa meresahkan, apalagi sampai hilang nyawa.

Seluruh masyarakat Indonesia tahu, siapa itu Bonek. Tanpa hadir langsung mendukung Persebaya, nama Bonek selalu melekat diingatan masyarakat Indonesia. Persebaya itu Bonek, Bonek itu Persebaya. Nama besar inilah yang seharusnya melekat juga di hati Bonek. Tanpa diperintah pun, Bonek selalu hadir tidak saja fisiknya, tetapi juga jiwanya.

BACA:  Memutus Tali Rantai Estafet dengan Manajemen Kelompok

Sudah banyak cara mendukung Persebaya jika saat awayday. Bisa live streaming pakai WIFI di warkop-warkop, nobar cantik di Persebaya Store, atau nonton tayangan live di televisi bersama keluarga di rumah. Jika tetap ingin berangkat mendukung langsung, cari info paket awayday yang ditawarkan oleh setiap komunitas. Daftar sesuai isi kantong, jangan memaksakan diri.

Karena sejatinya mendukung Persebaya itu tidak harus ditampakkan secara berlebihan. Hati dan jiwa raga Bonek tetap untuk Persebaya. Mengutip lirik chant Bonek. Di mana pun berada di situ kami ada, karena kami Bonekmania.

Bangkalan 2019

Facebook Comments