Persebaya vs Tira Persikabo: Misi Bajol Ijo Buang Sial dari Tira di GBT!

Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Sore nanti (29/3), Persebaya Surabaya akan menjamu Tira Persikabo di Stadion Gelora Bung Tomo dalam lanjutan 8 besar Piala Presiden 2019. Terlihat lucu, karena Tira Persikabo adalah lawan Persebaya di fase grup yang lalu, tetapi kini faktanya kedua tim harus kembali bertemu.

Pelatih Tira Persikabo Rahmad Darmawan sedikit menyayangkan timnya harus kembali bertemu Bajul Ijo di 8 besar. “Saya menyayangkan harus bertemu Persebaya lagi, karena kalau kita bertemu dengan tim lain akan memperkaya ujicoba kita di fase pra musim ini sehingga kita bisa menghadapi klub-klub lain yang pernah kita hadapi. Namun realitanya Tira dan Persebaya harus ketemu tentu kita akan hadapi,” ucap pelatih yang akrab disapa RD tersebut.

Mengenai persiapan tim, tuan rumah Persebaya mendapat tambahan amunisi setelah empat pilarnya yang bermain di timnas senior dan U-22 telah kembali ke Surabaya. Mereka adalah Hansamu Yama Pranata dan kapten tim Ruben Sanadi dari timnas senior, serta Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay dari timnas U-22. Dari keempatnya, kemungkinan besar Djajang Nurjaman memainkan dua pemain timnas senior sejak awal.

“Ruben tadi bisa berlatih, kalau Hansamu ada miss komunikasi sehingga dia tidak bisa berlatih bersama. Tapi saya yakin selagi kondisi fisiknya fit dan siap untuk main, kenapa tidak kita mainkan. Karena dengan rekan-rekannya di lini belakang (Ruben dan Hansamu) sudah terbiasa main. Jadi bukan hal baru bagi Hansamu dan Ruben. Jadi sangat mungkin untuk diturunkan,” ujar pelatih yang akrab disapa Djanur tersebut saat konferensi pers pra laga kemarin (28/3).

Iklan
BACA:  Rapor Pemain Persebaya vs Tira Persikabo: Osvaldo Haay dan M. Hidayat Jadi Pembeda

Persiapan Persebaya juga dirasa Novan Setya Sasongko cukup untuk menghadapi Tira Persikabo sore nanti. “Kami sebagai pemain sudah siap di pertandingan besok, kami kemarin juga sudah melakukan persiapan latihan cukup lama. Sehingga bisa menjalankan taktikal dan strategi yang sudah di instruksikan oleh coach Djanur. Semoga bisa menampilkan yang terbaik,” ucap Novan saat menemani Djanur dalam konferensi pers pra laga kemarin (28/3).

Untuk persiapan Tira Persikabo, RD menyatakan bahwa kesiapan mental para anak asuhnya menjadi hal yang sangat penting di laga sore nanti karena tim tuan rumah akan memperoleh dukungan dari ribuan Bonek.

“Bagaimana mental pemain pemain saya di pertandingan besok. Di depan ribuan pendukung Persebaya yang saya tau bagaimana support dari Bonek yang mungkin dari menit awal sampai menit akhir terus mengobarkan semangat bagi pemain Persebaya” tegas pelatih yang pernah membawa Timnas U-23 menjadi runner up SEA Games.

BACA:  Terkena Demam, Miswar Saputra Absen Dua Hari Latihan

Tira Persikabo juga dalam kondisi lebih siap dibandingkan pada laga melawan Persebaya di fase grup (12/3) lalu setelah dapat bermainnya kapten tim Manahati Lestusen dan top skor tim Osas Marvelous Saha.

Pertandingan sore nanti diprediksi bakal berjalan panas sejak menit awal karena kedua tim pasti akan sama-sama mengejar satu tiket ke semifinal. Khusus Persebaya, laga ini semakin bergengsi karena tim asuhan Djanur tersebut tidak pernah mengalahkan Tira Persikabo di kandangnya sendiri. Pada Piala Presiden 2018 (12/1/2018), Persebaya harus rela berbagi 1 poin dengan PS TIRA (nama Tira Persikabo) dengan skor 1-1 setelah bermain dengan 10 pemain sejak Miswar Saputra mendapatkan kartu merah. Sedangkan pada Liga 1 2018 (11/9/2018) Persebaya harus takluk 0-2 dari tim tamu. (mni)

Head to Head:

18 Januari 2018: Persebaya vs PS Tira 1-1 (Piala Presiden)
13 April 2018: PS Tira vs Persebaya 1-4 (Liga 1)
11 September 2018: Persebaya vs PS Tira 0-2 (Liga 1)
12 Maret 2019: Persebaya vs Tira Persikabo 0-0 (Piala Presiden)

Prediksi Susunan Pemain Persebaya:

Miswar Saputra (GK); Novan Setya, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi; Manuchekhr Dzhalilov, Misbakus Solikin, Damian Lizio; Irfan Jaya, Amido Balde, Oktafianus Fernando

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display