Persebaya vs Madura United di Semifinal, Simak Sederet Rekor Derby Suramadu

247
Otavio Dutra mencetak gol ke gawang Madura United. Foto: Joko Kristiono/EJ
671Shares

EJ Madura United dipastikan bakal menjadi lawan tanding Persebaya di babak semifinal Piala Presiden 2019. Klub yang sebelumnya bernama Pelita Bandung Raya tersebut ternyata punya rekor buruk setiap meladeni Bajol Ijo.

Sejak berdiri pada 2016, tim berjuluk Laskar Sape Kerab tersebut telah empat kali bertemu dengan Persebaya. Dari empat pertemuan itu, Madura United belum pernah satu kali pun meraih kemenangan. Alhasil, Persebaya masih di atas angin sepanjang sejarah Derby Suramadu.

Pertemuan pertama terjadi pada babak penyisihan Grup C Piala Presiden 2018 (28/1/18) lalu. Dalam pertandingan yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Tomo tersebut, Persebaya berhasil meraih kemenangan 1-0 melalui gol spektakuler Feri Pahabol pada menit ke-29.

Kedua tim kembali bertemu pada grup B Piala Gubernur Kaltim 2018, (24/2/18). Hasilnya Persebaya berhasil meraih kemenangan adu penalti 5-4 setelah pada waktu normal kedudukan sama kuat 1-1.

Kala itu, selama waktu normal Madura United unggul terlebih dahulu melalu Raphael Maitimo pada menit ke-30 sebelum akhirnya kedudukan menjadi imbang 1-1 setelah Misbakus Solikin berhasil menyamakan kedudukan melalu tendangan dari titik putih delapan menit berselang. Pada babak adu penalti, gagalnya Fabiano Beltrame membuat Madura United harus kembali mengakui kenunggulan Bajul Ijo.

Selanjutnya, di Liga 1 2018, kedua tim bertemu sebanyak dua kali. Pada laga pertama di Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan (25/5/18) kedudukan kedua tim sama kuat 2-2. Saat itu seluruh gol tercipta di babak pertama. Madura United unggul terlebih dahulu pada menit ke-4 melalui sundulan Alberto de Paula. Persebaya kemudian berbalik unggul 2-1 melalui gol David da Silva pada menit ke-7 dan Irfan Jaya pada menit ke-42. Sebelum turun minum, kedudukan menjadi 2-2 setelah Fabiano Beltrame menyamakan kedudukan melalui sundulan hasil skema set piece.

Pada pertemuan kedua di Stadion Gelora Bung Tomo (25/10/18) Persebaya menghancurkan Madura United dengan gelontoran empat gol tanpa balas. Tim asuhan Djajang Nurjaman langsung tancap gas sejak awal pertandingan. Dua menit pertandingan berjalan, Persebaya sudah unggul 1-0 melalui sundulan dari Otavio Dutra. Tiga gol Persebaya lainnya diciptakan oleh Osvaldo Haay yang menjadi man of the match setelah mencetak hattrick dengan sumbangan golnya di menit ke 30, 48, dan 90+5. (mni)

Facebook Comments
BACA:  Derby Suramadu, Adu Ganas Pemain Timnas