Enam Pemain Dipanggil Timnas, Persebaya Ajukan Dispensasi

375
Osvaldo Haay. Foto: Joko Kristiono/EJ
Shares

EJ – Mulai akhir Mei sampai pertengahan Juni mendatang enam pemain Persebaya Surabaya mendapat panggilan timnas senior dan juga U-22. Merespon pemanggilan tersebut Persebaya tengah mengajukan dispensasi kepada federasi.

Tiga pemain yaitu Hansamu Yama, Irfan Jaya dan Ruben Sanadi mendapat panggilan timnas senior untuk menjalani pemusatan latihan (TC) dan laga ujicoba melawan Yordania (11/5/2019) dan Vanuatu (15/5/2019).

Sedangkan tiga pemain lain yang kabarnya mendapat panggilan timnas U-22 adalah Alwi Slamat, Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay. Timnas U-22 asuhan Indra Sjafri tengah bersiap untuk ajang Merlion Cup 7-9 Juni 2019 di Singapura.

Timnas senior sendiri berlatih mulai tanggal 30 Mei 2019 di Cikarang. Sedangkan timnas U-22 bersiap lebih awal sejak tanggal 28 Mei 2019 di Yogyakarta. Artinya jadwal TC kedua timnas tersebut bertabrakan dengan laga Persebaya melawan PSIS Semarang 30 Mei 2019 mendatang.

Terancam tidak bisa memainkan enam pilarnya sekaligus lawan PSIS, Persebaya tengah mengajukan dispensasi. Itu karena skuad Persebaya dianggap semakin terbatas karena beberapa pemain pilar seperti Miswar Saputra, Otavio Dutra dan Amido Balde masih dalam pemulihan cedera.

“Yang harus dipahami pemanggilan pemain ke timnas jadi kebanggaan juga bagi klub. Kami tidak akan pernah menghalangi pemain membela timnas,” kata manajer Persebaya, Candra Wahyudi.

“Cuma memang dalam momen seperti ini ada beberapa hal jadi pertimbangan Persebaya. Diluar enam pemain yang membela timnas ada beberapa yang mengalami cedera,” tambahnya.

Ya, Persebaya sebenarnya tak masalah beberapa pemainnya mendapat panggilan timnas. Tapi manajemen meminta keringanan agar para pemain yang dipanggil bisa bergabung TC setelah laga melawan PSIS Semarang.

“Kami sudah melakukan komunikasi secara lisan dengan tim pelatih timnas dan juga pengelola federasi. Kalau sesuai jadwal yang tidak bisa U-22 karena mereka harus berkumpul tanggal 28 tapi yang senior masih bisa karena yang baru berkumpul 31. Ini yang kami sedang koumunikasikan secara lisan,” ungkap Candra.

BACA:  Irfan Jaya Cetak Dua Gol, Rian Akui Keunggulan Arab Saudi

Dalam situs resmi PSSI memang disebutkan jika pelatih timnas senior, Simon McMenemy memberikan izin kepada beberapa pemainnya untuk bergabung TC pada tanggal 1 Juni 2019. Artinya para pemain mendapat dispensasi satu atau dua hari.

Namun, untuk TC timnas U-22 memang masih belum diputuskan. Sampai saat ini, pengumuman nama pemain timnas U-22 yang dipanggil juga belum dipublikasikan secara resmi ke publik. (riz)

Facebook Comments