Bonek Sragen: Melawan Stigma Buruk di Masyarakat

Foto: Bonek Sragen
Iklan

Bonek di era yang sekarang terkadang masih dipandang kurang baik oleh masyarakat. Masyarakat menganggap bahwa Bonek adalah suporter yang brutal, suka menjarah para pedagang, dll. Sebenarnya dilihat dari kacamata suporter, Bonek merupakan pelopor Awaydays yang pertama kali di Indonesia. namun diluar konteks tersebut Bonek tetaplah Bonek dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Dalam kurun waktu yang 2010-an Bonek telah menjamur di luar kota Surabaya dan Jawa Timur, Bonek telah berkembang dan banyak berdiri di berbagai daerah di Jawa Tengah, Jawa Barat dan bahkan seluruh Indonesia. namun utamanya tugas sebagai Bonek memang hanya untuk mendukung Persebaya, namun apabila mengutip perkataan dari Cak Jhoner bahwasanya tugas tujuan Bonek itu hanya ada 2: pertama adalah mendukung Persebaya dan yang kedua adalah menjalin persaudaraan. Dengan tujuan menjadi seorang Bonek saat ini tiap individu seakan dibebankan tugas sosial di masyarakat. Hal ini dengan tujuan yang utama adalah merubah stigma buruk yang sudah menjadi pemikiran umum dalam masyarakat tentang Bonek.

Bonek luar kota sendiri terutama Bonek Sragen juga salah satu bagian dari keseluruhan Bonek yang juga memiliki beban yang sama, yaitu merubah stigma masyarakat yang masih negatif dengan Bonek. Dalam merubah stigma dalam masyarakat itu juga ada dua bentuk yang pertama adalah ketika pertandingan berlangsung dan yang kedua adalah waktu Awaydays itu sendiri. Ketika pertandingan berlangsung stigma buruk Bonek yang rusuh sudah berkurang dan hampir tidak pernah terjadi. Namun dalam merubah stigma ketika di luar pertandingan seperti dalam perjalanan Awaydays mungkin yang belum bisa berubah secara drastis.

Bonek Sragen tercatat sudah melakukan aksi sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan seperti yang dilakukan pada 14 Oktober 2018 penggalangan dana bagi korban gempa di Palu, Sigi, dan Donggala yang juga diikuti oleh teman-teman dari Viking Sragen. Selain itu juga dilakukan penggalangan dana bagi korban gempa Banten pada 30 Desember 2018 yang diadakan di perempatan Stadion Taruna Sragen. Selain itu juga pernah dilakukan penggalangan dana yang dilakukan oleh teman-teman Bonek Sragen untuk membantu korban laka lantas Adik Desta dan Adik Yuke yang ditinggal kedua orang tuanya karena menjdi korban meninggal pada 7 April 2019.

Iklan

Dengan sedikit kegiatan sosial yang dilakukan oleh teman-teman Bonek Sragen ini merupakan bagian dari usaha jangka panjang merubah stigma buruk masyarakat terhadap Bonek. Kegiatan sosial itu juga diharapkan bahwa Bonek bukan yang terbaik, namun Bonek akan selalu berbuat kebaikan didalam masyarakat, Bonek berusaha untuk lebih baik setiap harinya. Di situlah tujuan utama sebagai Bonek disamping mendukung Persebaya.

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display