Kunci Kemenangan Persebaya, Tanpa Balde, Cak Jali Is Back!

610
Oktafianus Fernando. Foto: Persebaya.id

Kembalinya Cak Jali. Itulah salah satu kunci kemenangan Persebaya lawan Borneo di Segiri.

Pemain yang menjadi Bintang di Piala Presiden itu sempat hilang di tiga pekan awal. Tapi malam ini (23/6) pergerakannya di sisi kiri sangat mumpuni dan memiliki visi yang baik. Tentu saja itulah yang diinginkan semua tim pada pemain impornya.

Saya pikir tanpa Balde yang menjulang itu, justru permainan anak asuh Djajang Nurjaman ini lebih cair. Bandingkan dengan ketika Balde main, maka permainan lebih dominan umpan panjang membosankan dan nihil hasil.

Dan jangan lupakan pula satu kata yang belakangan ini nyaring jika berbicara tentang Persebaya. Paido. Yes. Paido boys, demikian netizen yang terhormat menyebutnya. Yang lantang menyuarakan kritiknya pada permainan Persebaya. Terutama jika melempem.

Bahkan, lawan Madura United di GBT, kritikan tajam di spanduk sampai di bawa masuk lapangan: JANGAN BIKIN MALU SURABAYA. Pertandingan dihentikan kala itu di menit akhir.

Poin masuk lapangan sebelum pertandingan terakhir jelas tidak bisa dibenarkan. Melanggar fairplay. Okelah tidak suka dengan cara main tim kebanggaan, tapi bagaimanapun tim tamu punya kepentingan dalam pertandingan tersebut.

Tentu ke depan, kita berharap hal serupa tidak terulang lagi. Relawan-relawan Bonek yang punya visi untuk menjadi supoter cerdas mari kita dukung. Seperti spanduk raksasa itu: MENANG KUDUKUNG KALAH KU SANJUNG.

Pekan keempat ini, kemenangan telah tiba. Semua ada permulaan. Sanadi dkk telah memulainya dengan heroik di malam yang mendebarkan di Segiri.

Penyakit kronis bernama seri untuk sementara aman terkendali. Namun jangan lupa, tiga pemain Persebaya malam ini harus diganti bukan karena stategi, tapi cedera. Ini masalahnya.

BACA:  Apa yang Perlu Dibenahi dari Persebaya Usai Kalah dari PSMS

Tentu bukan kebetulan. Ini masalah kebugaran. Jika tidak ada cara cerdas untuk mengatasi masalah tersebut, bukan tak mungkin permainan akan kembali flop.

Kamu jangan bikin malu, demikian judul Jawa Pos hari ini (23/6) di rubrik Sportainment. Mari rayakan kemenangan pertama ini dengan sewajarnya. Pertandingan masih panjang.

Dan ingat, Balde belum meledak. Salam Satu Nyali, Wani!

Prambon, 23/6/2019
Komunitas Bonek Layar Kaca

Komentar Artikel