Kemenangan Persebaya Sirna, Barito Putera Samakan Kedudukan di Akhir Laga

213
Foto: Joko Kristiono/EJ
Shares

EJ – Persebaya gagal mempertahankan keunggulan di laga melawan Barito Putera. Laga yang digelar di Gelora Bung Tomo, Selasa (9/7) ini berakhir dengan skor 2-2. Gol Persebaya dicetak dua pemain asingnya Damian Lizio dan Manuchekhr Dzhalilov. Sementara gol Barito Putera dua-duanya dicetak Rafael Silva.

Amido Balde mendadak keluar dari daftar susunan pemain Persebaya jelang kick off karena masalah kesehatan. Posisinya digantikan Osvaldo Haay yang baru saja mengikuti tes CPNS di Jayapura. Damian Lizio kembali dimainkan usai absen saat Persebaya menjamu Persib beberapa waktu lalu.

Babak Pertama

Pertandingan yang dimulai sore hari itu tidak banyak dipadati Bonek karena digelar di hari kerja. Meski begitu, laga berjalan seru sejak peluit babak pertama dibunyikan. Kedua tim sama-sama menampilkan permainan terbuka dan saling serang.

Menit 10, Persebaya mendapatkan peluang emas lewat kaki Irfan Jaya. Mengecoh pemain bertahan Barito Putera di dalam kotak, Irfan bisa melepaskan tendangan keras. Sayang tendangan itu melenceng ke sisi kanan gawang Adhitya Harlan.

Barito Putera beberapa kali merepotkan pertahanan Persebaya lewat serangan dari Evan Dimas dan Samsul Arifin. Menit 24, Irfan Jaya kembali mendapatkan peluang emas. Sayang tendangannya masih terbang di atas gawang Adhitya.

Menit 38, Manuchekhr Dzhalilov mendapatkan peluang emas. Sayang tendangan hasil umpan Irfan Jaya masih lemah dan melenceng di sisi kiri gawang Barito. Babak pertama berakhir dengan skor sama kuat 0-0.

Babak Kedua

Barito Putera langsung melakukan serangan. Sebuah peluang dari tendangan bebas yang diambil Samsul Arifin. Bola bisa dijangkau Andri Ibo dan ditendang. Beruntung Miswar bisa menghalaunya.

Persebaya yang membutuhkan kemenangan langsung melakukan serangan lewat Damian Lizio namun masih gagal. Di awal babak kedua ini, Persebaya berturut-turut melakukan serang yang dikreasi Osvaldo Haay, Ruben Sanadi, dan Irfan Jaya. Sayang belum ada gol tercipta.

BACA:  Persebaya vs Barito Putera: Bajol Ijo Jaga Momentum, Barito Kejar Kemenangan Perdana

Menit 53, Irfan mendapat peluang emas. Tendangannya dalam kotak penalti bisa dihalau Adhitya. Bola sempat memantul dan dibuang pemain bertahan Barito Putera.

Satu menit berselang, sundulan Dutra hasil umpan Misbakus Solikin masih melenceng tipis. Menit 64, Manuchekhr Dzhalilov mendapatkan peluang. Sebuah bycicle kick dari pemain asal Tajikistan ini masih melenceng. Berikutnya, Novan Setya mendapatkan peluang. Sebuah tendangan kencangnya dari luar kotak penalti bisa ditangkap Adhitya.

Asyik menyerang, Persebaya justru tertinggal terlebih dulu lewat gol Rafael Silva. Sebuah umpan crossing dari Rizky Pora coba dibuang Ruben Sanadi namun malah diterima Rafael Silva tepat di depan gawang Miswar. Ia langsung menceploskan bola ke gawang. Skor 1-0 untuk tim tamu.

Tertinggal, Persebaya mencoba mengejar ketinggalan. Setelah beberapa kali serangan, akhirnya Persebaya bisa menyamakan kedudukan. Sebuah umpan tusukan dari Osvaldo Haay menit 78 disambut Ruben dan dibawa ke dalam kotak penalti. Ruben langsung mengirimkan umpan dan disambut Lizio. Gol Persebaya mengubah skor menjadi 1-1.

Menit 86, Persebaya kembali mencetak gol lewat skema serangan yang hamper sama dengan gol pertama. Sebuah umpan dari Ruben bisa diteruskan Dzhalilov dan gol. Skor 2-1 disambut gemuruh Bonek.

Sayang keunggulan Persebaya di depan mata sirna setelah gol Barito Putera menit 90. Lagi-lagi Rafael Silva yang menjadi aktor. Sundulannya tidak mampu dihalau Miswar dan kedudukan kembali sama kuat 2-2.

Skor ini bertahan hingga babak kedua berakhir. Sebuah kerugian bagi Persebaya yang membutuhkan kemenangan. Meski imbang, Persebaya masih bercokol di papan atas klasemen sementara. Setelah laga ini, Persebaya akan bertandang ke markas PSS Sleman dalam lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-8. (iwe)

Facebook Comments