Derby Suramadu: Formasi Baru Djanur, Debut Andri Muliadi?

278
Andri Muliadi. Foto: Etsha Magenta/EJ
Shares

Derby Suramadu. Persebaya akan menjamu Madura United. Duel peringkat tengah dengan peringkat atas.

Tim bertabur bintang Madura United. Beberapa pemain nasional dan naturalisasi berada dalam skuad. Top skor musim lalu Alexander Rakic juga berada di dalamnya. Mulai penjaga gawang hingga striker banyak dihuni pemain nasional.

Persebaya berada di peringkat 5 akhir musim 2018. Saat ini berada di papan tengah dengan 17 poin. Duet langganan bek tengah dipastikan absen. HansamuYama dan Otavio Dutra terkena akumulasi kartu.

Persebaya memiliki lima pemain yang terbiasadi posisi bek tengah. Selain kedua pemain tadi masih ada nama Andri Muliadi, M Syaifudin dan Rachmat Irianto.

Dalam tiga laga terakhir saat menghadapi Tira Persikabo, Semen Padang, dan Persipura, Rachmat Irianto atau Rian bermain sebagai seorang gelandang bertahan. Dua kali berduet dengan M Hidayat sebagai pivot di lini tengah.

M Hidayat yang absen karena akumulasi saat mengalahkan Persipura dipastikan sudah bisa bermain lagi. Lini tengah menurut penulis akan kembali menampilkan duet Rian dan Hidayat sebagai poros. Dengan Damian Lizio sebagai gelandang serang.

Jika Djanur memainkan Rian dan Hidayat sebagai gelandang, besar kemungkinan duet bek tengah akan dipercayakan kepada Syaifuddin dan Andri Muliadi. Duet yang sudah saling mengenal sejak awal Liga 2 tahun 2017.

Jika Andri benar-benar main maka ini adalah debut atau penampilan perdananya di musim 2019. Pemain asal Aceh ini sampai pekan ke-13 belum pernah bermain sama sekali. Pemain lain yang belum pernah main adalah Imam Arif, Zulfikar Ahmad, Koko Ari, M Kemaludin, dan Supriadi.

Kembalinya Syaifuddin sebagai bek tengah berarti Novan Sasongko atau Abu Rizal Maulana akan berebut tempat sebagai bek kanan. Keduanya berposisi natural sebagai bek kanan. Walaupun aslinya Abu Rizal seorang gelandang.

BACA:  Inilah Jadwal Babak 8 Besar Piala Indonesia 2018

Untuk posisi bek kiri kapten tim Ruben Sanadi jika cederanya membaik tidak akan tergantikan. Posisi ini jika Ruben absen dan Novan yang menempatinya. Ada opsi juga memainkan Alwi Slamat atau bahkan Osvaldo Haay.

Sementara untuk peran di sektor depan Djanur lebih banyak mempunyai opsi. Kembalinya Oktafianus Fernando memberi suntikan baru. Tinggal memilih di sektor sayap dengan nama lain Irfan Jaya, Manu Jalilov dan Osvaldo Haay.

Menurunnya performa Manu Dzhalilov akhir-akhir ini membuat pemain asing slot asia ini mulai dicadangkan. Oktafianus yang lebih bugar besar peluang akan menjadi starter. Satu tempat sepertinya akan dikunci oleh Irfan Jaya. Empat gol sudah dilesakkan musim ini.

Untuk posisi striker, Amido Balde sepertinya akan tetap dipasang dari awal. Jika pun Djanur memilih opsi lain maka Osvaldo Haay yang akan dipasang sebagai striker di dampingi Irfan Jaya dan Oktafianus Fernando.

Terakhir sektor penjaga gawang penampilan Miswar Saputra yang membaik sulit tergeser oleh Abdul Rohim maupun Imam Arif Fadilla.

Berikut prediksi susunan pemain Persebaya tanpa ada Hansamu dan Dutra menurut penulis:

Miswar Saputra (PG), Novan Sasongko, M Syaifudin, Andri Muliadi, Ruben Sanadi, M Hidayat, Rachmat Irianto, Damian Lizio, Irfan Jaya, Oktafianus Fernando, Amido Balde.

Facebook Comments