Pemain Asing Asia Persebaya Boleh Lebih Dari Satu

480
Foto: Joko Kristiono/EJ
Shares

Persebaya Surabaya resmi menambah amunisi pemainnya untuk putaran kedua Liga 1 2019. Adalah Aryn Williams, gelandang bertahan berpaspor Australia dan juga jebolan tim Inggris Burnley yang dua musim terakhir bermain di India. Tak ayal, muncul spekulasi terkait pemain yang dicoret Persebaya seperti Manuchekhr Dzhalilov karena jatah slot pemain asing Asia. Sebenarnya, bagaimana aturan pemain asing?

Dalam regulasi Liga yang dirilis PSSI pada 2018 lalu (dan dikonfirmasi aturannya tidak berubah terkait pemain asing untuk musim ini), Klub diperbolehkan mendaftarkan 3 (tiga) pemain asing (non warga Indonesia) dan 1 (satu) pemain asing tambahan (warga negara anggota AFC atau Asia). Aturan ini terdapat pada Pasal 24 tentang Pendaftaran Pemain (hlm. 35).

Artinya, Persebaya tidak perlu mencoret Manuchekhr Dzhalilov jika memang dinilai masih mumpuni untuk putaran kedua meskipun ada pemain baru asal Asia yang direkrut oleh manajemen. Hal ini karena klub diberi kebebasan untuk mendaftarkan 3 pemain asing dari benua manapun. Bahkan ketika seluruh pemain asing yang didaftarkan berasal dari Asia pun tidak ada masalah.

Contohnya terjadi pada Liga 1 musim 2018 lalu ketika Sriwijaya FC memiliki dua pemain asing asal Asia yakni Yoo Hyun-goo (Korea Selatan) dan Manuchekhr Dzhalilov (Tajikistan).

Facebook Comments
BACA:  Berjalanlah Bersama, Kita Persebaya