Keputusan Tambah Pemain Asing Tunggu Naturalisasi Dutra

Foto: Rizka Perdana Putra/EJ
Iklan

EJ – Asisten pelatih Persebaya Surabaya, Wolfgang Pikal menyebut jika timnya bisa saja menambah satu pemain asing andaikan naturalisasi Otavio Dutra selesai.

Kini, kabarnya dokumen naturalisasi Dutra sudah sampai ke Kementerian Sekretariat Negara. Ia tinggal menunggu surat dari presiden untuk dilakukan pengambilan sumpah. Jika akhirnya Dutra dinyatakan sebagai WNI sebelum bursa transfer ditutup pada 16 September maka Persebaya berpeluang menambah pemain asing.

“Dan kita juga tunggu untuk si Dutra, dapat paspor atau tidak. Misalnya dia dapat paspor, kita bisa tambah lagi satu asing,” kata Pikal seusai latihan Kamis (6/9/2019) sore.

BACA:  Lebih Dekat dengan Izaac Wanggai, Gelandang Anyar Bajul Ijo

Namun, ada konsekuensi yang harus diambil jika Persebaya menambah satu pemain asing. Yaitu, mencoret satu pemain asing yang sudah ada. Selain Dutra, Persebaya masih memiliki empat pemain asing lain yaitu Manuchekhr Dzhalilov, Damian Lizio, dan dua rekrutan anyar David da Silva serta Aryn Williams.

Iklan

Regulasi Liga 1 2019 sendiri hanya memperbolehkan tiap tim menggunakan maksimal empat pemain asing dengan minimal satu diantaranya berasal dari anggota AFC.

BACA:  Bursa Transfer Klub-Klub Liga 1 Musim 2018

Meski begitu, di luar opsi penambahan pemain, Persebaya tampaknya masih fokus sepenuhnya untuk menyelesaikan naturalisasi Dutra. Sebab, proses tersebut akan sangat berpengaruh terhadap pergerakan Persebaya soal pemain asing.

Andaikan naturalisasi Dutra gagal misalnya, alih-alih melakukan penambahan pemain, Persebaya malah harus mencoret satu pemain asingnya untuk memenuhi regulasi liga. (riz)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display