Sejarah Hari Ini (2017): Green Force Menang Telak, Bonek Pecah Rekor Nasional

794
Rishadi Fauzi merayakan golnya ke gawang Persigo Semeru FC. Foto: Joko Kristiono/EJ

Momen kembalinya Persebaya ke kancah sepak bola nasional setelah lama dibekukan benar-benar dimanfaatkan secara maksimal. Sabtu, 30 September 2017 menjadi salah satu momen terbaik yang dilalui Persebaya selama mengarungi Liga 2. Selain menang telak, Bonek resmi memecahkan rekor penonton sepak bola nasional 2017.

Ya, Persebaya memang sukses mengalahkan tamunya Persigo Semeru FC dengan skor telak 4-0 dalam lanjutan 16 besar Liga 2 Grup C yang digelar di Gelora Bung Tomo. Kick-off pada laga ini seharusnya dilaksanakan sore hari. Namun manajemen Persebaya mengirinkam surat agar laga bisa digelar malam hari yang akhirnya direstui oleh Chief Operating Officer (COO) PT LIB Tigorshalom Boboy.

Menang 4-0 Berkat Formasi 4-3-3

Pelatih Persebaya saat itu Angel Alfredo Vera langsung memasang skema ofensif 4-3-3 dengan Irfan Jaya, Ricky Kayame dan Oktafianus Fernando sebagai pemain depan. Sementara Muhammad Hidayat diplot sebagai gelandang bertahan. Miswar Saputra yang telah “menggusur” posisi Dimas Galih lagi-lagi menjadi starter.

LINE UP: Inilah starting line up ketika Persebaya menjamu tamunya Persigo Semeru FC 2017 lalu di GBT. (photo: officialpersebaya)

Bajol Ijo unggul 1-0 pada menit ke-32 setelah peluang Ofan mampu direbound dengan baik oleh Ricky Kayame. Pada awal babak kedua Persebaya menggandakan keunggulan lewat Irfan Jaya. Rishadi Fauzi yang baru masuk di babak kedua tidak mau ketinggalan. Hanya butuh waktu enam menit baginya untuk menambah pundi-pundi gol Green Force. Pada laga ini Alfredo Vera memaksimalkan tiga pergantian pemain untuk Rendi Irwan (51’), Mei Handoko Prastio (77’), dan Rishadi Fauzi (64’). Stopper asal Papua Fandry Imbiri akhirnya menutup laga dengan golnya pada menit ke-84. Skor akhir 4-0 untuk Persebaya.

Bonek Pecah Rekor Nasional

Laga yang digelar pada akhir pekan ini berbuah rekor penonton. Tercatat, sebanyak 46.359 penonton hadir langsung menyaksikan laga Persebaya vs Persigo Semeru FC di Gelora Bung Tomo, Surabaya. Hal ini membuat Bonek mempertajam rekornya sendiri, setelah beberapa saat sebelumnya sekitar 45.252 penonton hadir di GBT dalam laga melawan PSIM Yogyakarta (16/8/2017).

Uniknya, angka ini mengalahkan rekor dari jumlah penonton tim Liga 1 2017 yang dipegang oleh laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta (22/7/2017). Saat itu, jumlah penonton yang hadir di Gelora Bandung Lautan Api “hanya” 36.545. Dengan demikian, Bonek sukses merajai penonton terbanyak sepak bola nasional pada kompetisi 2017 lalu.

Meski Bonek mendukung Persebaya yang saat itu “hanya” berada di Liga 2, pengaruh mereka tetap tidak bisa dianggap remeh dengan rekor spektakuler ini. Bukti bahwa tempat sebenarnya untuk tim Bajol Ijo adalah kasta tertinggi di sepak bola Indonesia. Selain itu, pergerakan manajemen Persebaya yang memasukkan unsur entertainment dalam laga ini dengan menghadirkan group band Klantink adalah sebuah terobosan yang unik dan bagus. Selain terhibur dengan permainan sepak bola, mereka juga terhibur dengan bernyanyi bersama.

Salam Satu Nyali, WANI!

Komentar Artikel