Dapatkan AFC Club License, Persebaya Berpeluang Bermain di Kompetisi Asia Musim Depan

375
Foto: Rizka Perdana Putra/EJ

EJ – Persebaya kini membuka peluang bermain di kompetisi Asia musim depan. Pasalnya klub berjuluk Bajol Ijo tersebut berhasil mendapatkan AFC Club License 2019 di mana lisensi tersebut menjadi syarat bagi sebuah klub untuk berlaga di kompetisi antarklub Asia.

Untuk mendapatkan AFC Club License, Persebaya harus lolos dalam lima kriteria yang menjadi syarat kelolosan yakni Sporting, Infrastructure, Personel & Administration, Legal, dan Finance. Satu saja kriteria tidak lolos, sebuah klub tidak akan mendapatkan lisensi dari AFC. Lisensi yang didapat Persebaya di tahun 2019 ini juga merupakan sebuah peningkatan karena tahun lalu Persebaya gagal mendapatkan lisensi tersebut. ”Ini memang menjadi pencapaian yang luar biasa. Terima kasih kepada teman-teman yang bekerja keras sehingga kita akhirnya bisa meraih licensing ini,” ucap Candra Wahyudi, Manajer Persebaya seperti dikutip dari Persebaya.id.

Selain Persebaya, ada lima klub lain yang lolos dengan status granted atau lolos tanpa syarat. Yakni PSM Makassar, Persipura Jayapura, Arema FC, Persib Bandung, dan Persija. Selain itu dua klub Liga 1 Bali United dan Bhayangkara FC lolos dengan syarat (granted with sanction). Sedangkan 8 klub lainnya gagal atau rejected.

Dengan berhasilnya Persebaya mendapatkan lisensi dari AFC seharusnya menjadi motivasi bagi Ruben Sanadi dkk untuk minimal menjadi runner-up Liga 1 agar dapat berkancah di AFC Cup musim depan. Apalagi beberapa pesaing di papan atas gagal mendapatkan lisensi sehingga hal tersebut harusnya bisa dimanfaatkan dengan baik. (mni)

Komentar Artikel