Bayar Tuntas Kekalahan Musim Lalu, Persib Benamkan Persebaya

Rendi Irwan tertunduk lesu usai laga lawan Persib. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Hasil mengecewakan harus diterima Persebaya saat dijamu Persib dalam lanjutan liga 1 2019 di Stadion I Wayan Dipta, Jum’at (18/10/2019). Skuad Green Force takluk dengan skor cukup telak 4-1 atas Maung Bandung.

Absennya sejumlah pemain pilar menjadi salah satu faktor Anak asuhan Wolfgang Pikal mengalami kekalahan. Nama yang selalu menjadi tumpuan seperti Ruben Sanadi, Otavio Dutra, Osvaldo Haay, Irfan Jaya takdapat bermain karena cidera dan Rahmat Irianto yang masih dalam panggilan timnas. Otomatis pilihan bagi jajaran tim pelatih tidak banyak untuk pertandingan ini.

Babak Pertama

Persebaya memegang penguasaan bola lebih banyak di awal-awal babak pertama bergulir. Bajol ijo mengandalkan duet Da Silva dan Campos untuk menembus barisan pertahanan Persib Bandung. Umpan-umpan terobosan dan menyilang diarahkan langsung kepada duet Brasil tersebut.

Iklan

Peluang emas pertama Persebaya didapatkan oleh Oktafianus Fernando di menit kelima. Umpan terobosan dari Campos mampu diterima dengan baik oleh Oktafianus, sudah berhadapan dengan kiper Made wirawan namun finishing-nya masih melambung di atas gawang Maung Bandung.

Memasuki pertengahan babak pertama, kendali permainan cenderung seimbang dan Persib mulai menekan pertahanan Green Force. Sisi kiri pertahanan Persebaya yang dikawal Novan Setya berulang kali mendapat tekanan yang diinisiasi oleh Febri Hariyadi. Absennya Ruben Sanadi yang selalu menjadi tumpuan di sisi kiri pertahanan Persebaya mampu dimanfaatkan oleh Persib untuk mengeksploitasi sisi tersebut

BACA:  Persib vs Persebaya: Tak Punya Plan B, Taktik Persebaya Mentok

Berulang kali menekan akhirnya kubu tuan rumah mampu mengubah skor menjadi 1-0 di menit ke-31 melalui Febri Hariyadi. Menerima bola liar didepan gawang, Febri mampu melepaskan tendangan ke pojok kanan gawang yang tak mampu dijangkau Miswar Saputra.

Setelah gol pertama tercipta, Persib semakin keluar menyerang dan mendominasi bola. Sebaliknya, skuad Green Force makin kesulitan dalam membongkar pertahanan Persib.

Persib mampu menambah keunggulan di menit ke-40 melalui Ahmad Jufrianto. Eksekusi bola mati Kevin Van Kippersluis mampu diterima oleh Esteban Viscarra yang mengarahkan bola ke Jufrianto, terlepas dari penjagaan M.Syaifuddin, ia mampu melepaskan Sontekan yang berbuah gol kedua bagi Maung Bandung. Skor 2-0 untuk Persib bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Persib masih mendominasi penguasaan bola dan masih menekan dengan gencar pertahanan Persebaya. Serangan masih banyak dilancarkan tim tuan rumah melalui sisi kiri Green Force. Pada menit ke-60 Persib menambah pundi-pundi gol lagi melalui set piece Kevin Van Kippersluis, ia mampu melepaskan tendangan bebas akurat yang tepat merobek jala pojok kanan atas gawang Miswar, Persib memperbesar keunggulan menjadi 3-0.

Persebaya tak mampu berbuat banyak setelah terciptanya gol ketiga Persib. Da Silva mampu dikunci oleh kedua bek Persib, Nick Kuipers dan Jufriyanto. Ruang gerak para gelandang persebaya untuk berkreasi dan memulai serangan juga mampu diredam oleh gelandang Persib.

BACA:  TC Timnas, Valdo-Rian dan Ruben-Dutra Tak Bisa Bela Persebaya

Green Force mampu memperkecil kedudukan melalui tendangan penalti yang sukses dieksekusi oleh Campos di menit ke-71. Hadiah penalti didapatkan Persebaya setelah Bek Persib Nick Kuipers menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak penalti.

Ketika telah mendapat angin untuk mengejar ketertinggalan, Persebaya justru harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Campos diganjar kartu kuning kedua di menit ke-79.

Bermain dengan sepuluh pemain, Persebaya dipaksa bertahan oleh Persib. Bajol Ijo nampak kesulitan untuk membangun serangan. Build Up serangan hanya kandas di lini tengah. Bahkan Persib mampu memperlebar jarak dengan mencetak gol keempat di menit ke-84. Skema serangan balik Persib mampu dimaksimalkan Febri haryadi yang lepas dari penjagaan M.Syaifuddin. Berhadapan dengan Miswar, Febri mampu menaklukkan Miswar dan merubah skor menjadi 4-1. Dan bertahan hingga akhir laga.

Persebaya tak mampu berbuat banyak dalam laga ini, minim peluang dan baru melepaskan Shot on goal di pertengahan babak kedua tentu menjadi catatan yang harus diperhatikan oleh Wolfgang Pikal.

Dengan hasil ini, Persebaya belum mampu memetik satu kemenangan dalam 4 laga terakhirnya. Persib juga mampu membayar tuntas kekalahannya musim lalu di tempat yang sama. Skor yang identik, 4-1 namun untuk saat ini untuk kubu Maung Bandung.

Selanjutnya Persebaya kembali bermain tandang di laga lanjutan liga 1 2019 melawan Persela Lamongan di Stadion Surajaya, Rabu (23/10/2019). (rgl)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display