Persib vs Persebaya: Duel Adu Taktik Pelatih Eropa

Robert "Rene" Albrets dan Wolfgang Pikal. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Pertandingan penuh gengsi akan tersaji di pekan ke-23 Liga 1 2019. Duel tim klasik antara tuan rumah Persib yang berada di peringkat 11 dengan 24 poin akan menghadapi Persebaya yang berada lebih bagus di peringkat 8 dengan raihan 31 poin.

Pertandingan tersebut akan live di Indosiar nanti malam pukul 18.30 WIB. Laga yang awalnya digelar di Bandung berpindah ke stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Sebuah kerugian bagi Persib yang harus melakoni laga kandang di luar Bandung. Sedangkan Persebaya mengaku siap menghadapi Persib malam nanti.

Secara Head to Head kedua tim Persebaya lebih diunggulkan atas Persib Bandung. Sebab, di lima pertemuan terakhir, Persebaya mampu mengemas 3 kemenangan, 1 imbang, dan 1 kalah. Di pertemuan putaran pertama, Persebaya melumat Persib dengan skor telak 4-0. Sedangkan di musim lalu, Persib juga menelan kekalahan ketika harus menjadi tim yang berkandang di Bali. Kala itu itu Persib di paksa mengakui keganasan Persebaya dengan skor 1-4.

Jelas catatan tersebut menjadi modal penting bagi skuad Wolfgang Pikal untuk meraih kemenangan. Namun ditanya soal head to head yang menguntungkan timnya ketika berlaga di Bali Pikal mengatakan, “Itu cuma sugesti. Saya tidak percaya dengan itu (Persib sulit menang di Bali). Kami tetap harus bermain bagus baru kami berhasil. Bukan karena kami beruntung main di stadion ini atau itu, saya tidak percaya itu.”

Iklan
BACA:  Punya Rekor Superior Atas Rene Alberts, Djanur Tak Mau Lengah

Mengenai kondisi skuad Persebaya yang tidak diperkuat beberapa pemain pilar seperti Irfan Jaya, Osvaldo Haay dan rahmat Irianto. Pelatih asal Austria tersebut menyatakan sudah mempunyai beberapa strategi. “Persiapan taktik kita berjalan dengan bagus dan memang ada sedikit gangguan, ada beberapa pemain yang tidak bisa bermain. Kita mungkin harus ganti formasi dan strategi sedikit. Tapi bagaimanapun kita punya target untuk curi poin dan kita berusaha dengan maksimal,” kata Wolfgang Pikal.

Selain itu kembalinya Diogo Campos yang mampu menjadi pembeda di beberapa pertandingan terakhir menjadi angin segar bagi Persebaya. “Campos dia akan main dan dia sehat, segar, dan panas untuk pertandingan selanjutnya, dia tidak sabar sudah mau main lawan Persib” ucap pelatih asal Austria ini.

Pelatih Persib, Robert “Rene”Alberts mengaku sudah melakukan persiapan maksimal jelang menghadapi Persebaya Surabaya. “Kami tahu kualitas Persebaya tim yang bagus, mereka sangat cepat, sehingga kami harus mempersiapkannya dengan baik pada pertandingan nanti,” kata Rene Alberts.

Persib yang dalam laga terakhirnya menelan kekalahan atas tuan rumah Madura United jelas tak ingin meraih hal serupa dikandang. Di satu sisi juga tim tuan rumah ingin bangkit untuk berada di zona papan atas Liga 1 2019. Untuk kondisi skuad tim Persib Bandung juga masih menunggu kesiapan dari striker andalan mereka Ezechiel N’Douassel yang sejauh ini mengemas 6 gol dari 17 penampilan.

BACA:  Hansamu Yama, Djanur, dan Rudy Eka Segera Bergabung

“Dia baru tiba di Jakarta dan akan segera melanjutkan penerbangan ke Bali. Jadi harus dilihat dulu bagaimana kondisinya, apa yang dirasakannya dan akan dipantau malam ini. Karena kami belum tahu perkembangan terbarunya. Apakah dia 100 persen fit dan terbebas dari cedera atau tidak, apalagi Ezechiel baru melakukan perjalanan yang panjang. Jadi akan kami lihat di malam ini,” pungkas pelatih asal Belanda ini.

Head To Head 5 Pertandingan Terakhir :

5/7/19 Liga 1 2019: Persebaya 4-0 Persib Bandung
7/3/19 Piala Indonesia 2019: Persebaya 3-2 Persib Bandung
20/10/18 Liga 1 2018: Persib 1-4 Persebaya
26/7/19 Liga 1 2018: Persebaya 3-4 Persib Bandung

Prakiraan susunan pemain:

Persib Bandung: I Made Wirawan; Nick Kuipers, Supardi Nasir, Ardi Idrus, Achmad Jufriyanto, Omid Nazari, Esteban Vizcarra, Febri Hariyadi, Ghozali Siregar, Ezechiel N’Douassel, Kevin van Kippersluis

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra; Ruben Sanadi, Otavio Dutra, Hansamu Yama Pranata, Abu Rizal Maulana; Aryn Williams, Muhammad Hidayat, Rendi Irwan, Misbakus Solikin, Diogo Campos; David Da Silva

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display