Rapor Merah Pemain Persebaya vs Persib: Permainan Tanpa Kreativitas, Lini Belakang Mudah Tembus

David da Silva/Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya Surabaya gagal mencuri angka ketika menghadapi Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali (18/10). Bermain dengan menurunkan mayoritas pemain bertahan, Bajul Ijo harus rela kebobolan 4 gol oleh brace Febri Hariyadi, Achmad Jufrianto dan Kevin van Kipperluis. Gol balasan Persebaya dicetak oleh Diogo Campos melalui titik putih.

Rapor Pemain Persebaya vs Persib:

Miswar Syahputra (4.3)
Tidak adanya tendangan yang mengarah ke gawang Persebaya selama 30 menit awal membuat Miswar tidak terlihat selama 30 menit. Miswar baru terlihat pada menit ke-32 ketika harus memungut bola dari gawangnya melalui sepakan Febri Hariyadi. Miswar melakukan dua save krusial pada akhir laga dengan menggagalkan tendangan Ezechiel & Omid Nazari untuk menghindarkan Bajul Ijo dari kekalahan yang lebih besar.

Andri Muliadi (4.0)
Bermain lugas di awal babak pertama dan terlihat beberapa kali memenangkan duel melawan Esteban Vizcarra. Tetapi duet Andri dan Syaifuddin harus kehilangan konsentrasi ketika gol pertama Persib mulai tercipta. Andri ditarik keluar di babak kedua karena cedera dan digantikan oleh Alwi Slamat.

Iklan

M Syaifuddin (3.8)
Gagal mengawal Achmad Jufriyanto ketika gol ke-2 dan tidak mampu menghalau pergerakan Febri Hariyadi ketika gol ke-4. Bergonta-ganti posisi selama pertandingan mulai dari bek tengah ke bek kiri lalu ke bek tengah lagi tidak berpengaruh signifikan terhadap permainan Persebaya.

Novan Setya (3.5)
Menggantikan Ruben Sanadi di sisi kiri pertahanan Bajul Ijo, membuat Novan digencar habis – habisan oleh Febri Hariyadi dan Supardi Natsir. Sisi kiri pertahanan Persebaya juga terus di eksploitasi oleh lini serang Maung Bandung. Alhasil, Novan harus digantikan oleh Rendi Irwan ketika babak kedua dimulai.

BACA:  Gol Dzhalilov, Persebaya Tahan Seri Persib 1-1

Abu Rizal (3.7)
Sebelum gol pertama Persib terjadi, Abu Rizal disiplin dalam melakukan serangan maupun bertahan. Terlihat Abu Rizal membantu David da Silva ketika da Silva mengalami kebuntuan di kotak penalti. Tetapi tendangan Abu Rizal masih terlalu tinggi. Pelanggaran Abu Rizal di sisi kanan pertahanan Persebaya berujung pada gol ke-2 Persib Bandung yang dicetak oleh Achmad Jufriyanto.

Hansamu Yama (3.5)
Menggantikan peran Ruben Sanadi sebagai kapten pada pertandingan tersebut sebelum akhirnya diberikan lagi pada babak ke-2 ke Rendi Irwan. Terlihat Hansamu sangat tidak optimal ketika bermain di depan dua bek tengah, Syaifuddin dan Andri. Pada babak kedua Hansamu kembali ke posisi aslinya di bek tengah setelah keluarnya Novan Setya digantikan Rendi Irwan.

M. Hidayat (3.5)
Duetnya dengan Aryn Williams sangat gemilang pada laga sebelumnya melawan Borneo FC, tidak mampu diulang pada pertandingan melawan Persib. Hidayat dan Aryn gagal mengantisipasi pola serangan Persib yang terus bermain melebar melalui sisi sayap dan terus-menerus mengirimkan umpan silang. Hidayat juga melakukan protes yang tidak ketika Campos mendapatkan kartu merah, beruntung Hidayat tidak dihadiahi kartu kuning oleh wasit.

Aryn Williams (4.0)
Beberapa kali mampu mengirimkan umpan terukur melalui situasi tendangan bebas jarak jauh, tetapi gagal dimanfaatkan oleh pemain Green Force lainnya. Mobilitas dan determinasi yang jarang terlihat pada laga melawan Persib membuat Aryn harus ditarik keluar digantikan oleh Fandi Eko di babak kedua.

Oktafianus Fernando (3.5)
Setelah mendapatkan peluang emas pada babak pertama, tapi sayang tendangannya harus melebar. Oktafianus hampir tidak pernah terlihat sepanjang pertandingan. Absennya Irfan Jaya dan Osvaldo Hay membuat Pikal tidak punya opsi lain untuk mengganti Oktafianus.

BACA:  Lawan Persebaya, Robert Alberts Pede Persib Bangkit

Diogo Campos (3.7)
Pergerakan Campos dengan David da Silva sangat merepotkan lini bertahan Persib Bandung. Campos berhasil mencetak gol tunggal bagi Persebaya melalui titik putih. Tidak lama berselang Campos harus mandi lebih awal karena menerima kartu kuning kedua dari wasit.

David da Silva (3.7)
Tidak jauh beda dengan Campos, pergerakan David da Silva berkali – kali merepotkan lini belakang Persib Bandung. Through pass dari David mengenai tangan pemain Persib yang mengakibatkan Persebaya mendapatkan penalti.

Rendi Irwan (3.8)
Masuknya Rendi Irwan membuat lini tengah Bajul Ijo menjadi lebih kreatif. Rendi juga terlihat sesekali membantu pertahanan dan memainkan umpan satu dua ciri khasnya dengan pemain Persebaya lainnya. Tetapi sayang, Rendi tidak mampu menghindarkan Persebaya dari kekalahan.

Fandi Eko (3.5)
Fandi Eko masuk menggantikan Aryn Williams pada pertengahan babak kedua, tetapi masuknya Fandi tidak mampu membuat Persebaya mengejar kedudukan melainkan anak dari Yusuf Ekodono tersebut terlihat beberapa kali membantu pertahanan karena kurangnya pemain akibat dari keluarnya Diogo Campos karena kartu merah.

Alwi Slamat (3.5)
Bermain menggantikan Andri Muliadi yang cedera membuat Alwi harus mengisi pos bek kiri sedangkan Syaifuddin ditarik kembali ke bek tengah berduet dengan Hansamu Yama. Alwi juga sesekali membantu serangan. Syaifuddin bersama Alwi gagal menutup pergerakan dari Febri yang mengakibatkan gol terakhir dari Persib Bandung tercipta. (mth)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display