Mundur dari Persebaya, Siapa yang Cocok Gantikan Pikal?

Wolfgang Pikal (paling kiri) di laga lawan PSS. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Wolfgang Pikal resmi mundur sebagai pelatih kepala Persebaya Surabaya, Rabu (30/10/2019) siang. Hasil buruk dalam 6 laga terakhir ditengarai menjadi sebab mundurnya pelatih asal Austria itu.

“Saya mau bilang terima kasih untuk klub Persebaya. Saya mau bilang terima kasih untuk manajemen dan pemain Persebaya. Hari ini tanggal 30 Oktober 2019 saya mundur sebagai pelatih kepala Persebaya,” ucap Pikal dalam video berdurasi 50 detik di Instagram resmi Persebaya.

“Ini memang tanggung jawab dari pekerjaan sebagai head coach. Ini resiko dari pekerjaan pelatih. Dan saya mau bilang harapan saya kedepan Persebaya bisa maju lagi, bisa bangkit lagi, bisa prestasi lagi. Soalnya klub ini luar biasa, manajemen luar biasa,”tambahnya.

BACA:  Profil Wolfgang Pikal, Asisten Pelatih Baru Persebaya

Pikal sendiri gagal mengangkat performa Persebaya. Ditunjuk menggantikan Djadjang Nurdjaman, pelatih 51 tahun itu hanya mampu meraih dua kali kemenangan, tiga kali imbang dan empat kali kalah.

Iklan

Capaian itu bahkan lebih buruk jika dihitung mulai Pikal bisa memimpin Persebaya dari bangku cadangan lawan Bali United (24/9/2019). Persebaya hanya mampu meraih dua kali hasil imbang dan empat kali kekalahan dalam 6 laga terakhir.

BACA:  Wolfgang Pikal Ingin Terapkan Gaya Bermain Berani dan Agresif di Persebaya

Hasil 6 laga tanpa kemenangan merupakan capaian terburuk yang diterima Persebaya sejak kembali ke Liga 1 2018 lalu. Sebelumnya, Green Force maksimal “hanya” lima kali gagal meriah kemenangan.

Persebaya sendiri masih belum menentukan siapa pelatih kepala pengganti Pikal. Meski begitu, dalam tim kepelatihan ada nama Uston Nawawi yang sudah mengantongi lisensi A AFC sebagai syarat minimal pelatih di Liga 1. Di luar itu ada nama mantan pelatih Persela dan PSIM, Aji Santoso yang kini berstatus tanpa klub. (riz)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display