Rapor Pemain Persebaya vs Madura Utd: Rendi Tampil Gemilang, Lini Depan Maksimalkan Peluang

37
Irfan Jaya. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Bertandang ke Stadion Gelora Bangkalan, Madura pada Senin (2/12), anak asuh Pelatih Aji Santoso mampu memenangi laga dengan skor 2-3 secara dramatis. Saling berbalas angka terjadi pada laga tersebut, Persebaya unggul terlebih dahulu melalui David da Silva, kedudukan berbalik setelah Rakic dan Beto mampu mencetak masing-masing satu gol ke gawang Miswar Saputra. Tetapi di 10 menit jelang bubaran setelah keluarnya Greg Nwokolo karena kartu merah, Persebaya mampu melakukan comeback dengan skor 2-3 melalui gol kedua dari David da Silva dan gol penutup dari Irfan Jaya.

Rapor Pemain Persebaya:

Miswar Saputra (6.2)
Setelah pada laga sebelumnya Miswar bermain cukup apik dalam mengawal gawang Green Force. Kali ini Miswar gagal mengulangi penampilan seperti laga sebelumnya. Bahkan Miswar sempat melakukan blunder ketika tangkapan bolanya tidak lengket. Beruntung Rakic gagal memanfaatkan kesalahan Miswar tersebut.

M. Syaifuddin (7.0)
Syaifuddin kembali menjadi starter setelah pada laga sebelumnya Syaifuddin hanya duduk di bangku cadangan. Terlepas dari dua gol Madura United yang tercipta, Syaifuddin bermain baik pada laga melawan Madura United. Tercatat pada babak pertama, bek bernomor punggung 29 tersebut melakukan 3 kali clearance berturut-turut untuk menggagalkan serangan Madura United.

Hansamu Yama (6.2)
Pada babak pertama Hansamu bermain cukup solid bersama dengan Syaifuddin. Tetapi setelah salah tumpuan ketika jatuh setelah berduel dengan Rakic, permainan Hansamu terlihat berbeda. Kedua gol Madura United tidak lepas dari bek bernomor punggung 23 tersebut. Gol pertama karena tidak mampu mengawal Rakic yang berlari dari belakang, sedangkan gol kedua posisi Hansamu terlalu maju sehingga lompatannya tidak mampu menggapai bola yang tertuju kepada Beto.

Abu Rizal (7.0)
Bermain cukup solid menjaga sisi kanan pertahanan Persebaya. Abu Rizal juga terlihat sering membantu serangan maupun menjaga pertahanan. Pada babak pertama Abu Rizal mampu memotong umpan dari Beto, andai umpan tersebut tidak dipotong oleh Abu Rizal. Skor babak pertama pun bisa menjadi imbang ataupun Madura United berbalik unggul.

M. Hidayat (6.3)
Bermain menggantikan posisi Alwi di gelandang bertahan, Hidayat tidak mampu memberikan apa yang diberikan Alwi seperti laga sebelumnya. Memang Hidayat beberapa kali berduel di lini tengah, tetapi Hidayat terlihat kebingungan ketika pemain Madura United melakukan pressing di area pertahanan Persebaya.

Aryn Williams (6.5)
Peran Aryn pada laga melawan Madura United sedikit berbeda dibandingkan dengan laga-laga sebelumnya. Di mana Aryn terlihat jarang sekali untuk membantu serangan dan lebih berfokus pada lini tengah Persebaya. Aryn terlihat naik membantu serangan ketika Madura United bermain dengan 10 pemain setelah Greg mendapatkan kartu merah.

BACA:  Madura United vs Persebaya: Hasrat Kedua Tim Raih Poin

Rendi Irwan (8.0)
Bermain cukup dominan dan menawan, Rendi berkali-kali berada di posisi yang kosong tanpa pengawalan pemain bertahan Madura United. Permainan Persebaya dengan mengandalkan umpan-umpan pendek dan satu dua sentuhan sangat cocok untuk pemain seperti Rendi. Rendi berkontribusi terhadap gol pertama David da Silva serta assist yang ia berikan kepada Irfan Jaya yang memastikan Persebaya pulang ke Surabaya dengan membawa 3 angka.

Elisa Basna (6.5)
Diberi menit bermain oleh Pelatih Aji Santoso kurang dimanfaatkan dengan baik oleh Elisa Basna. Elisa memang terlihat merepotkan barisan pertahanan melalui lari dan dribbling yang ia lakukan di lapangan tengah maupun sisi sayap dari Madura United. Tetapi Elisa sangat jarang menciptakan peluang di sepertiga area pertahanan lawan.

Diogo Campos (6.8)
Mempunyai lari yang cepat beserta skill yang mumpuni memang menjadi keunggulan Campos untuk merepotkan pertahanan lawan. Campos berperan sebagai creator awal mulanya gol kedua dari David da Silva tercipta.

David da Silva (7.5)
Setelah pada laga sebelumnya banyak membuang peluang, kali ini David da Silva mampu mencetak dua gol bagi Persebaya. Penempatan posisi yang baik oleh David membuat ia mampu menambah koleksi golnya. David juga terlihat beberapa kali membantu pertahanan dari Persebaya ketika Madura United melancarkan serangan.

Otavio Dutra (6.3)
Otavio Dutra masuk menggantikan Hansamu Yama yang tidak dapat melanjutkan permainan karena cedera. Dutra beberapa kali mencoba untuk mendorong bola untuk lebih ke depan dan permainan Persebaya supaya lebih menyerang.

Irfan Jaya (7.3)
Masuknya Irfan Jaya menggantikan Elisa Basna cukup membawa angin segar bagi Persebaya terutama di sektor penyerangan. Irfan mampu menjadi penentu kemenangan setelah mampu menerima umpan dari Rendi Irwan pada menit ke-88.

M. Alwi (6.8)
Lini tengah Persebaya juga lebih hidup ketika M. Alwi masuk menggantikan M. Hidayat. Beberapa kali Alwi mencoba untuk membantu Rendi Irwan untuk mengalirkan bola ke depan untuk dialirkan baik ke Da Silva, Campos, maupun Irfan Jaya. (mth)

Ritual Pemain Persebaya Satukan Hati

Komentar Artikel