Mengintip Kans Persebaya Bermain di Piala AFC 2020

417
Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ -- Persebaya Surabaya menyisakan empat laga Liga 1 2019. Persebaya masih mempunyai peluang untuk tampil di Piala AFC 2020 tentu dengan beberapa catatan.

Bajol ijo merupakan salah satu dari delapan klub liga satu yang lolos lisensi klub AFC, ini salah satu modal penting untuk Ruben Sanadi dkk main di level Asia.

Harus Finis di Peringkat 2

Jika ingin mendapatkan tiket tampil di Piala AFC 2020 syarat wajib bagi Green Force adalah menjadi runner-up Liga 1 2019. Lantaran Indonesia hanya mendapatkan jatah 2 klub yang bisa main di Piala AFC 2020, dan satu tiket sudah menjadi hak PSM Makassar sebagai juara Piala Indonesia.

Tentu itu tak mudah, Borneo FC yang saat ini bercokol di peringkat ke-2 sudah mengoleksi 49 poin dari 31 laga. Sementara Persebaya baru mengoleksi 42 poin dari 30 laga, dan berada di peringkat ke-9.

Secara hitung-hitungan jika Persebaya mampu sapu bersih skuad asuhan Aji Santoso ini bakal mengumpulkan 54 poin.

Ini jelas tidak cukup, pesaing Persebaya lainya yang juga berpotensi tembus peringkat dua ada Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, dan Arema FC. Dua klub terakhir bakal menjadi lawan Persebaya di pekan 31 dan 32. 

Kemenangan Lawan Bhayangkara FC dan Arema FC Jadi Kunci

Laga selanjutnya Persebaya akan bertemu Bhayangkara FC.dalam lanjutan pekan ke-31, kemenangan bakal membuka peluang tembus 3 besar, Bhayangkara sendiri tahun ini mendapatkan lisensi AFC meski dengan catatan. Lisensi sangat penting karena digunakan sebagai syarat mengikuti kompetisi di bawah AFC.

Sementara laga Derbi melawan Arema pada pekan ke-32 yang juga berpeluang tembus tiga besar, jika berhasil dimenangkan Persebaya tentu asa itu semakin terlihat. Arema tahun ini lolos lisensi AFC.

Sekali lagi kemenangan dari kedua tim ini penting, karena saat ini posisi Persebaya di peringkat ke-9, Bhayangkara FC peringkat ke-5 dengan koleksi 45 poin dan Arema FC di peringkat ke-7 dengan 43 poin.

Hitung-hitungan jika laga esok Persebaya menang, dan tim di atas Persebaya seperti PSS Sleman, Arema FC, PSM Makassar yang mempunyai poin sama 43, maka Bhayangkara FC akan melorot ke peringkat 9 atau 10, Bajul Ijo pun bisa naik ke posisi 8.

Masih Menunggu Hasil Bali United di Playoff Liga Champions Asia

BACA:  Mengejar Happy Ending, Mau Peringkat Berapa, Persebaya?

Meski mempunyai dua jatah main di Piala AFC dan satu jatah sudah ditangan PSM Makassar, satu tiket yang diperebutkan masih menunggu hasil Playoff Bali United untuk masuk ke fase grup Liga Champions Asia, jika Serdadu Tridatu gagal maka otomatis satu jatah Piala AFC milik Bali United.

Pelatih Persebaya Aji Santoso bakal kerja keras di empat laga sisa. Termasuk saat melawan Bhayangkara FC esok.

“Bhayangkara tim bagus, trennya juga positif, beberapa kali pertandingan terakhir dia menang, seri, makanya kami perlu kerja keras untuk bisa mengalahkan mereka,” kata Aji.

Jika Persebaya akhirnya lolos ke Piala Asia tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Bonek. Juga tidak menutup kemungkinan manajemen akan memperkuat skuad dengan tambahan pemain anyar yang berkualitas.

Tapi lagi-lagi kans Persebaya ini masih tergantung hasil laga lainnya. Namun harapan itu tetap ada untuk tampil di level Asia seperti lirik “Terbanglah Tinggi Kau Diangkasa, Tunjukkan Pada Semua Mata Dunia”. (msr)

SONG FOR PRIDE || STADION AJI IMBUT

Komentar Artikel