Alasan Aji Santoso Turunkan Rian Gantikan Ruben Sanadi

Rachmat Irianto. Foto: EJ
Iklan

EJ – Hanya beberapa jam menjelang laga melawan Persija Jakarta (17/12/2019), Persebaya Surabaya harus mengganti susunan pemain inti. Sebab, kapten Ruben Sanadi tidak dalam kondisi fit karena sakit. Pelatih Aji Santoso pun sempat menimbang beberapa opsi pengganti.

Ruben mengalami sakit diare sejak H-1 laga. Akibatnya, pemain 32 tahun itu tidak memiliki waktu istirahat yang cukup untuk berlaga di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

“Sebenarnya saya memasang Ruben di bek kiri, cuma kondisinya tidak memungkinkan. Dia terkena diare dan tidak bisa istirahat dengan baik,” ungkap Aji Santoso.

Absennya Ruben membuat Aji berpikir keras. Sebab, tak banyak pemain berposisi sebagai bek kiri murni di Persebaya. Novan Setya Sasongko yang bisa diturunkan sebagai bek kiri tidak dibawa dalam lawatan ke Jakarta.

Iklan
BACA:  Terus Motivasi Pemain Jelang Hadapi Persija, Aji Buka Peluang Turunkan Rizky Ridho

Karena itu, Aji mulai menimbang dua opsi pengganti. Kedua pemain itu adalah bek kanan Koko Ari Araya dan gelandang bertahan Rachmat “Rian” Irianto.

“Saya berpikir ada Koko, tapi pengalaman dia belum terlalu banyak. Saya kemudian berpikir keras dan akhirnya memutuskan Rian main disitu. Sebetulnya Rian akan saya pasangkan dengan Aryn Williams di posisi gelandang jangkar,” beber Aji.

Keputusan Aji akhirnya tak sia-sia. Rian dianggap mampu menjalankan instruksi dengan baik untuk meredam winger Persija. Kebetulan, di awal babak, winger andalan Persija Riko Simanjuntak bermain di sisi kanan. Artinya Riko berduel langsung dengan Rian.

BACA:  Konpers Persebaya: Soal Rivalitas Hingga Tanggapan Bejo Tentang Alfred Riedl

“Ada untungnya (memainkan Rian) untuk menghentikan pergerakan dari Riko. Pemain kunci dari Persija ada Riko dan (Marko) Simic, kalau bisa menghentikan pergerakan kedua pemain ini insyaAllah kami bisa dapat poin,” kata Aji.

“Kebetulan Riko mainnya di posisi sayap kanan. Alhamdulillah cukup efektif (memainkan Rian), pergerakan Riko tidak terlalu banyak hingga akhirnya dia pindah ke sayap kiri,” tambah Aji.

Ya, jarang melakukan penetrasi, Riko akhirnya berganti posisi menjadi winger kiri di babak kedua. Tampil tak optimal, mantan pemain Semen Padang itu akhirnya digantikan oleh Heri Susanto di menit ke-76. Persebaya mampu mengakhiri laga dengan kemenangan tipis 2-1. (riz)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display