Gol Lewat Bola Rebound, Apakah Penalti Persija Tidak Sah Sesuai Aturan Baru?

Marko Simic. Foto: Persija.id

EJ – Bola tendangan Marko Simic ke sisi kiri di menit ke-30 mampu diblok oleh kiper Miswar Saputra. Tapi, bola muntah tak dapat diselamatkan. Bomber asal Kroasia itu dengan cepat menyambar bola liar menjadi gol. Persija akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 dari Persebaya. Namun, apakah gol rebound itu sah secara aturan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, EJ pertama berusaha bertanya pada pelatih Persebaya, Aji Santoso. Tapi, pelatih 49 tahun itu juga belum tahu secara pasti soal keabsahan gol rebound itu.

“Coba saya pastikan dulu nanti aturannya seperti apa, tapi memang kemarin saya dengar penendang tidak boleh ambil rebound kalau kena kiper, kalau kena gawang baru boleh. Tapi info belum clear benar, saya cari informasi dulu,” kata Aji pada EJ, Rabu (18/12/2019) pagi.

Tak mendapat kepastian, penulis lantas berusaha mencari informasi secara mandiri lewat ‘searching google’. Keywords yang kami gunakan adalah ‘gol penalti rebound’. Hasilnya, banyak artikel yang menyebutkan jika gol penalti rebound itu tidak sah.

Halaman 1 2 3

Komentar Artikel

BACA:  Lima Pilar Absen, Bejo Buka Peluang Turunkan Elisa Basna dan Supriadi