Jadwal Dimajukan Sehari, Aji Sayangkan Laga Penentuan Runner-up Tak Digelar Bersamaan

Aji Santoso saat latihan Persebaya di GDS (19/12). Foto: Rizka Perdana Putra/EJ
Iklan

EJ – Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso menyayangkan jadwal pekan terakhir Liga 1 yang dirilis PT Liga Indonesia Baru (LIB) pekan lalu. Sebab, beberapa laga menentukan untuk perebutan posisi runner-up ternyata tidak digelar bersamaan.

Dalam rilis LIB tanggal 14 Desember 2019, Persebaya dijadwalkan akan menghadapi Perseru Badak Lampung FC pada Sabtu, 21 Desember 2019 sore. Itu maju satu hari dari jadwal semula tanggal 22 Desember. Aji tampak kecewa dengan jadwal tersebut.

“Cukup disayangkan. Kami menanyakan apa alasan laga Persebaya dimajukan, jawabannya harus jelas, sampai sekarang kami belum menerima jawaban,” keluh Aji.

“Karena kami, baik Persebaya, Persipura, Borneo, masih mempunyai kans untuk finish di posisi dua, akan lebih fair dan bijaksana pertandingan itu digelar bersamaan,” tambah Aji.

Iklan
BACA:  Rachmat Irianto: Kami Akan Tunjukkan Semangat Dan Kerja Keras Lawan Badak Lampung

Ya, poin utama yang dikeluhkan Aji bukan soal majunya jadwal, tetapi laga perebutan posisi dua yang tidak digelar bersamaan. Laga Persipura melawan Borneo FC sendiri baru digelar Minggu (22/12/2019) sore sedangkan pertandingan Bhayangkara FC melawan PSIS Semarang diselenggarakan Sabtu malam.

Padahal Persebaya, Persipura, Borneo FC dan Bhayangkara FC sama-sama berpeluang selesai di posisi runner-up. Persipura untuk sementara memimpin di posisi 2 dengan 52 poin, disusul Persebaya dengan 51 poin serta Borneo FC dan Bhayangkara FC yang sama-sama mengantongi 50 poin.

“Kalau memang (semua digeser) tanggal 21 tidak bisa, harusnya pertandingan Persebaya lawan Badak Lampung diundur menjadi 22. Itu akan fair,” kata Aji. 

“Kami tidak mencari apa-apa, kami hanya ingin keadilan karena ada 3 tim yang memiliki peluang finish di ranking 2,” tambah pelatih berkacamata itu.

BACA:  Persebaya Bertolak ke Lampung Hari Ini

Sudah Kirim Surat ke LIB

Menyikapi jadwal ‘tak adil’ tersebut, manajemen Persebaya sebenarnya sudah mengirimkan surat kepada LIB. Dalam surat nomor 192/PT.PI-XII/2019 tanggal 18 Desember 2019 itu  Persebaya berharap LIB bisa menyusun ulang jadwal, terutama pertandingan yang berkaitan dengan perebutan posisi runner-up Liga 1 2019. 

Tapi, hingga kini Persebaya masih belum mendapat jawaban pasti. Meski begitu, Aji tetap berharap LIB bisa memberikan alasan-alasan yang jelas soal penentuan jadwal di pekan terakhir Liga 1.

“Mudah-mudahan saja (bisa), kalaupun tetap (main tanggal 21) harus ada jawaban  yang memuaskan semua pihak,” harap pelatih yang mengantarkan Persebaya tak terkalahkan di 8 laga terakhir itu. (riz)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display